Pengembangan media pembelajaran audio visual renang gaya dada untuk meningkatkan hasil belajar
DOI:
https://doi.org/10.32682/bravos.v13i3/172Keywords:
Media Audio Visual, Renang Gaya Dada, Hasil Belajar, Keterampilan Renang, Pengembangan PembelajaranAbstract
Latar Belakang Masalah: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih seringnya terjadi kasus tenggelam di kolam renang akibat kurangnya keterampilan dan pengetahuan renang. Media audio visual dan alat bantu diyakini dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran audio visual renang gaya dada untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode: Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Sampel diperoleh melalui cluster random sampling menggunakan aplikasi Google Spin, sehingga terpilih kelas VIII-A dengan jumlah 31 siswa. Instrumen pengetahuan berupa 12 soal valid, sedangkan keterampilan dinilai oleh 3 rater bersertifikat dengan konsistensi baik. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan skala Likert (1–4), uji normalitas Shapiro-Wilk, serta uji beda Paired T-Test dengan taraf signifikansi 0,05 melalui SPSS. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dari aspek materi (99%), media (98%), dan praktisi (99%). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan signifikan. Pada aspek pengetahuan, nilai pretest 3,94 meningkat menjadi 9,84 (149%, p < 0,001). Pada aspek keterampilan, nilai pretest 31,29 meningkat menjadi 60,10 (92%, p < 0,001). Kesimpulan: Kesimpulan penelitian menyatakan peningkatan pengetahuan lebih tinggi dibanding keterampilan, kemungkinan karena durasi latihan fisik lebih singkat dibanding paparan informasi kognitif melalui media. Guru PJOK disarankan menayangkan video terstruktur berdurasi ≤ 10 menit sebelum praktik, dilaksanakan minimal empat pertemuan, dengan penggunaan swimboard serta rubrik penilaian baku dan penilai ganda.
Downloads
References
Alvianto, F. D., Cahyani, O. D., Priadana, B. W., & Saifuddin, H. (2023). Optimalisasi hasil belajar kemampuan shooting sepakbola: studi tentang dampak media audio visual pada peserta didik smp. Bima Loka: Journal of Physical Education, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i1.27084
Amara, S., Abbes, Z., Hammami, A., Negra, Y., & Bouhlel, E. (2022). Effect of Concurrent Resistance Training on Lower Body Strength and Leg Kick Swimming Performance. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(13), 8043. https://doi.org/10.3390/ijerph19138043
Annas Nur Arifin, M., & Dwi Khory, F. (2024). Pengaruh Penerapan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 8536–8542.https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/13674%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/13674/10529
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Dedika Haking, D., & Soepriyanto, Y. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN RENANG PADA MATA PELAJARAN PJOK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SD Article History. Jktp, 2(4), 320–328. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index
Desti Kartikasari, Lilis Komariyah, & Alit Rahmat. (2023). Aspek Psikologis Dalam Pembelajaran Renang: Systematic Literature Review. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(3), 294–306. https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.433
Djoyonegoro, M. M., & Sudarso. (2020). Hubungan Pembelajaran Teori Dan Praktek Terhadap Hasil Belajar Shooting Pada Permainan Futsal. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8(3), 131–136. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/37138
Elsi, M., & Gusti, D. (2020). Pengetahuan Dan Sikap Nelayan Terhadap Pertolongan Pertama Kejadian Tenggelam Di Kelurahan Purus Kota Padang Fishermen’S Knowledge and Attitude To First Aid At the Drowning At the Purus Padang City. Jurnal Kesehatan Saintika Meditory, 2(2), 152–157. https://jurnal.syedzasaintika.ac.id/index.php/meditory/article/view/1209/841
Fahmi, R., & Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, N. (2024). Pengaruh Latihan Renang Terhadap Peningkatan Kesehatan Jantung Pada Pemuda Gampong Tanjong. Jurnal Sport Health Education, 2(2), 3025–7662. https://journal.unigha.ac.id/index.php/SHE/article/view/87-96
FINA. (2021). Swimming Rules and Regulations. Federation Internationale de Natation.
Gadberry, A., & Gadberry, J. (2020). Black drowning deaths: An introductory analysis. International Journal of Aquatic Research and Education, 13(1). https://doi.org/10.25035/IJARE.13.01.04
Ilmah, N. K., Irmawati, F., & Saputra, R. B. (2021). Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Hasil Renang Gaya Dada 50 Meter Pada Atlet Marabunta Swimming Club Kota Malang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11250–11259. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/2824/2412
Irwin, C. C., Pharr, J. R., Layne, T. E., & Irwin, R. L. (2019). An investigation of youth swimming skills and method of instruction. International Journal of Aquatic Research and Education, 11(3). https://doi.org/10.25035/ijare.11.03.03
Kemdikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan pembelajaran PJOK. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Marcela, A. V., Khory, F. D., Studi, S., Jasmani, P., Ilmu, F., Kesehatan, K., & Surabaya, U. N. (2024). Pengaruh Pemberian Media Audiovisual dalam Pembelajaran Renang Gaya Dada. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 8, 21569–21578. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/15571
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268
Najah, S. L. M., Khoiri, N., & Wijayanto, W. (2023). Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Pakaian Adat Nusantara Untuk Peserta didik Sekolah Dasar Berbasis Android. JIPETIK:Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer, 4(1), 16–21. https://doi.org/10.26877/jipetik.v4i1.12964
Nughroho, F. A., & Khory, F. D. (2020). Pengaruh Media Audio Visual Dan Latihan Drill Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8(3), 137–142. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive
Nugroho, A. (2019). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam Perspektif Kompetensi. Yogyakarta: UNY Press.
Nurhalimah, S. (2020). Implementasi alat bantu papan luncur terhadap kemampuan renang gaya bebas. Journal of Physical Activity (JPA), 1(1), 48–59. https://journal.apopi.org/index.php/jpa/article/view/10
Permana, R. (2016). Penggunaan Media Pembelajaran Swimming board dalam Pengembangan Afektif. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i1.36
Pinton, M. (2020). 326449-Keterampilan-Motorik-Pada-Pendidikan-Jas-C32E7242. Jurnal Sporta Saintika, 5(September), 199–218. http://sportasaintika.ppj.unp.ac.id/index.php/sporta/article/view/133
Pratama, G. (2018). Pengaruh kinerja guru Penjas dan modifikasi alat bantu terhadap hasil belajar renang. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(2), 272–276. https://jurnal.unigal.ac.id/ijemar/article/view/1923
Restami, M. P., & Samsudin, M. (2023). Media Pembelajaran Audio-Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Dengan Pendekatan Scientific. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2), 496–513. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.776
RAMADHAN, D. M. (2018). PENGARUH ALAT BANTU SWIM BOARD TERHADAP HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA (Studi Pada Peserta didik Kelas X SMAN 4 Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 6(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/23269
Siregar, E., & Nara, H. (2018). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sugiyanto. (2019). Pembelajaran Motorik dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Sukadiyanto, & Muluk, D. (2018). Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sultan Syarif Kasim, U., & Kunci, K. (2024). Pengembangan Model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implemetation, Evaluation). Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 46363–46369. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/22709
Syanjaya, T., Santoso, J. A., & Jusuf, J. B. K. (2024). Pengaruh Alat Bantu Papan Pelampung terhadap Keterampilan Renang Gaya Bebas. Jurnal Pendidikan Olahraga, 14(4), 216222.https://doi.org/10.37630/jpo.v14i4.1691
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Rizki Ramadhani, Bayu Budi Prakoso, Setiyo Hartoto, Vega Candra Dinata, Slamet Riyadi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.