Pengembangan media pembelajaran audio visual renang gaya dada untuk meningkatkan hasil belajar

Authors

  • Muhammad Rizki Ramadhani Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya Author
  • Bayu Budi Prakoso Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya Author https://orcid.org/0000-0002-1615-7753
  • Setiyo Hartoto Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya Author
  • Vega Candra Dinata Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya Author
  • Slamet Riyadi SMPN 20 Surabaya, Dinas Pendidikan Kota Surabaya Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/bravos.v13i3/172

Keywords:

Media Audio Visual, Renang Gaya Dada, Hasil Belajar, Keterampilan Renang, Pengembangan Pembelajaran

Abstract

Latar Belakang Masalah: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih seringnya terjadi kasus tenggelam di kolam renang akibat kurangnya keterampilan dan pengetahuan renang. Media audio visual dan alat bantu diyakini dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran audio visual renang gaya dada untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode: Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Sampel diperoleh melalui cluster random sampling menggunakan aplikasi Google Spin, sehingga terpilih kelas VIII-A dengan jumlah 31 siswa. Instrumen pengetahuan berupa 12 soal valid, sedangkan keterampilan dinilai oleh 3 rater bersertifikat dengan konsistensi baik. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan skala Likert (1–4), uji normalitas Shapiro-Wilk, serta uji beda Paired T-Test dengan taraf signifikansi 0,05 melalui SPSS. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dari aspek materi (99%), media (98%), dan praktisi (99%). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan signifikan. Pada aspek pengetahuan, nilai pretest 3,94 meningkat menjadi 9,84 (149%, p < 0,001). Pada aspek keterampilan, nilai pretest 31,29 meningkat menjadi 60,10 (92%, p < 0,001). Kesimpulan: Kesimpulan penelitian menyatakan peningkatan pengetahuan lebih tinggi dibanding keterampilan, kemungkinan karena durasi latihan fisik lebih singkat dibanding paparan informasi kognitif melalui media. Guru PJOK disarankan menayangkan video terstruktur berdurasi ≤ 10 menit sebelum praktik, dilaksanakan minimal empat pertemuan, dengan penggunaan swimboard serta rubrik penilaian baku dan penilai ganda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvianto, F. D., Cahyani, O. D., Priadana, B. W., & Saifuddin, H. (2023). Optimalisasi hasil belajar kemampuan shooting sepakbola: studi tentang dampak media audio visual pada peserta didik smp. Bima Loka: Journal of Physical Education, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i1.27084

Amara, S., Abbes, Z., Hammami, A., Negra, Y., & Bouhlel, E. (2022). Effect of Concurrent Resistance Training on Lower Body Strength and Leg Kick Swimming Performance. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(13), 8043. https://doi.org/10.3390/ijerph19138043

Annas Nur Arifin, M., & Dwi Khory, F. (2024). Pengaruh Penerapan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 8536–8542.https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/13674%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/13674/10529

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Dedika Haking, D., & Soepriyanto, Y. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN RENANG PADA MATA PELAJARAN PJOK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SD Article History. Jktp, 2(4), 320–328. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index

Desti Kartikasari, Lilis Komariyah, & Alit Rahmat. (2023). Aspek Psikologis Dalam Pembelajaran Renang: Systematic Literature Review. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(3), 294–306. https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.433

Djoyonegoro, M. M., & Sudarso. (2020). Hubungan Pembelajaran Teori Dan Praktek Terhadap Hasil Belajar Shooting Pada Permainan Futsal. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8(3), 131–136. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/37138

Elsi, M., & Gusti, D. (2020). Pengetahuan Dan Sikap Nelayan Terhadap Pertolongan Pertama Kejadian Tenggelam Di Kelurahan Purus Kota Padang Fishermen’S Knowledge and Attitude To First Aid At the Drowning At the Purus Padang City. Jurnal Kesehatan Saintika Meditory, 2(2), 152–157. https://jurnal.syedzasaintika.ac.id/index.php/meditory/article/view/1209/841

Fahmi, R., & Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, N. (2024). Pengaruh Latihan Renang Terhadap Peningkatan Kesehatan Jantung Pada Pemuda Gampong Tanjong. Jurnal Sport Health Education, 2(2), 3025–7662. https://journal.unigha.ac.id/index.php/SHE/article/view/87-96

FINA. (2021). Swimming Rules and Regulations. Federation Internationale de Natation.

Gadberry, A., & Gadberry, J. (2020). Black drowning deaths: An introductory analysis. International Journal of Aquatic Research and Education, 13(1). https://doi.org/10.25035/IJARE.13.01.04

Ilmah, N. K., Irmawati, F., & Saputra, R. B. (2021). Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Hasil Renang Gaya Dada 50 Meter Pada Atlet Marabunta Swimming Club Kota Malang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11250–11259. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/2824/2412

Irwin, C. C., Pharr, J. R., Layne, T. E., & Irwin, R. L. (2019). An investigation of youth swimming skills and method of instruction. International Journal of Aquatic Research and Education, 11(3). https://doi.org/10.25035/ijare.11.03.03

Kemdikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan pembelajaran PJOK. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Marcela, A. V., Khory, F. D., Studi, S., Jasmani, P., Ilmu, F., Kesehatan, K., & Surabaya, U. N. (2024). Pengaruh Pemberian Media Audiovisual dalam Pembelajaran Renang Gaya Dada. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 8, 21569–21578. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/15571

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Najah, S. L. M., Khoiri, N., & Wijayanto, W. (2023). Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Pakaian Adat Nusantara Untuk Peserta didik Sekolah Dasar Berbasis Android. JIPETIK:Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer, 4(1), 16–21. https://doi.org/10.26877/jipetik.v4i1.12964

Nughroho, F. A., & Khory, F. D. (2020). Pengaruh Media Audio Visual Dan Latihan Drill Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8(3), 137–142. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive

Nugroho, A. (2019). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam Perspektif Kompetensi. Yogyakarta: UNY Press.

Nurhalimah, S. (2020). Implementasi alat bantu papan luncur terhadap kemampuan renang gaya bebas. Journal of Physical Activity (JPA), 1(1), 48–59. https://journal.apopi.org/index.php/jpa/article/view/10

Permana, R. (2016). Penggunaan Media Pembelajaran Swimming board dalam Pengembangan Afektif. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i1.36

Pinton, M. (2020). 326449-Keterampilan-Motorik-Pada-Pendidikan-Jas-C32E7242. Jurnal Sporta Saintika, 5(September), 199–218. http://sportasaintika.ppj.unp.ac.id/index.php/sporta/article/view/133

Pratama, G. (2018). Pengaruh kinerja guru Penjas dan modifikasi alat bantu terhadap hasil belajar renang. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(2), 272–276. https://jurnal.unigal.ac.id/ijemar/article/view/1923

Restami, M. P., & Samsudin, M. (2023). Media Pembelajaran Audio-Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Dengan Pendekatan Scientific. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2), 496–513. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.776

RAMADHAN, D. M. (2018). PENGARUH ALAT BANTU SWIM BOARD TERHADAP HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA (Studi Pada Peserta didik Kelas X SMAN 4 Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 6(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/23269

Siregar, E., & Nara, H. (2018). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sugiyanto. (2019). Pembelajaran Motorik dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Sukadiyanto, & Muluk, D. (2018). Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sultan Syarif Kasim, U., & Kunci, K. (2024). Pengembangan Model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implemetation, Evaluation). Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 46363–46369. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/22709

Syanjaya, T., Santoso, J. A., & Jusuf, J. B. K. (2024). Pengaruh Alat Bantu Papan Pelampung terhadap Keterampilan Renang Gaya Bebas. Jurnal Pendidikan Olahraga, 14(4), 216222.https://doi.org/10.37630/jpo.v14i4.1691

Published

2025-09-16

How to Cite

Ramadhani, M. R., Prakoso, B. B., Hartoto, S. ., Dinata, V. C., & Riyadi, S. (2025). Pengembangan media pembelajaran audio visual renang gaya dada untuk meningkatkan hasil belajar. Bravo’s: Journal of Physical Education and Sport Science, 13(3), 541-560. https://doi.org/10.32682/bravos.v13i3/172

Similar Articles

11-20 of 36

You may also start an advanced similarity search for this article.