Pengembangan model permainan dalam pembelajaran senam lantai terhadap hasil belajar guling depan

Authors

  • Syalsabila Ira Mawardani Pendidikan Jasmani Kesehatan dan rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya Author
  • Bayu Budi Prakoso Pendidikan Jasmani Kesehatan dan rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya Author https://orcid.org/0000-0002-1615-7753
  • Irma Febriyanti Pendidikan Jasmani Kesehatan dan rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya Author
  • Vega Candra Dinata Pendidikan Jasmani Kesehatan dan rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya Author
  • Akhmad Khusairi SMP Negeri 3 Gresik, Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/bravos.v13i3/188

Keywords:

Gymnastics Forward Roll, Learning Innovation, Games Approach, Learning Achievement

Abstract

Latar Belakang Masalah: Pembelajaran senam lantai, khususnya gerakan guling depan dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK), menghadapi berbagai tantangan. Siswa sering kesulitan menguasai teknik guling depan karena metode konvensional yang monoton dan kurang menarik. Kondisi ini menurunkan motivasi serta hasil belajar siswa, sehingga dibutuhkan pendekatan inovatif melalui model permainan. Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji kelayakan model permainan dalam pembelajaran senam lantai guna meningkatkan hasil belajar guling depan peserta didik. Metode: Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, dan pada tahap implementasi menggunakan desain One-Group Pretest–Posttest selama tiga kali pertemuan. Sampel ditentukan dengan cluster random sampling melalui undian kertas dari 9 kelas paralel, dan terpilih kelas VII-C berjumlah 30 siswa (16 laki-laki, 14 perempuan). Instrumen pengetahuan dan keterampilan telah melalui uji validitas dan reliabilitas sebelum digunakan. Analisis data dilakukan dengan uji Shapiro–Wilk pada selisih skor, dan Wilcoxon Signed-Rank Test ketika distribusi tidak normal. . Hasil: Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek pengetahuan (pretest = 11,80; posttest = 15,30; peningkatan sebesar 3,50 poin atau 29,66%; Z = −4,873; p < 0,001; r = 0,89) dan keterampilan (pretest = 24,07; posttest = 45,80; peningkatan sebesar 21,73 poin atau 90,32%; Z = −4,912; p < 0,001; r = 0,90). Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa model permainan terbukti efektif meningkatkan pengetahuan, keterampilan teknik, dan motivasi siswa. Model ini direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran PJOK untuk memperkuat kualitas pendidikan jasmani di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, N. (2024). Studi Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 48974–48982. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i04.1028

Amadi, A. S. M. (2022). Pendidikan di Era Global: Persiapan Siswa untuk Menghadapi Dunia yang Semakin Kompetitif. Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(2), 153–164. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9439

Amar, A. M. I. F., Nawir, N., & Muslim, M. (2023). Penerapan Model Permainan dalam Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Global Journal Sports Science, 1(4), 970–981. https://doi.org/10.35458

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel Penelitian. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 15–31. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7

Andayani, S. (2021). Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 7(1), 230–238. https://doi.org/10.26877/jo.v2i2.1700

Anjarrio, J., Sofyan, S., & Indah, E. P. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Melalui Permainan Dan Media Audio Visual Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Simpang Empat Tanah Bumbu. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 63–67. https://jtam.ulm.ac.id/index.php/mpj/article/view/486

Arafa, I., & Supriyanto. (2021). Strategi Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(4), 808–816. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/40747

Ardini, P. P., & Lestariningrum, A. (2018). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. In Adjie Media Nusantara (Cetakan Pertama). Adjie Media Nusantara.

Ashidqy, A. Z., Gani, R. A., Achmad, I. Z., Syafei, M. M., Purbangkara, T., & Resita, C. (2023). Faktor-Faktor Penghambat Peserta Didik Mengikuti. Jurnal Penjakora, 10(1), 10–21. https://doi.org/10.23887/penjakora.v10i1.56287

Farida, Y. R. S., Ayuningsih, Z. F., Dwinata, A., & Nuruddin, M. (2025). Permainan Tradisional sebagai Perkembangan Motorik Anak Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 234–244. https://doi.org/10.62383/edukasi.v2i2.1470

Gunawan, I. M. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan melalui Permainan Siswa kelas IV C SD Negeri 10 Cakranegara. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 43–52. https://doi.org/10.58578/aldyas

Habsy, B. A., Oktafiani, F., Salsabila, D. M., & Zahro, C. I. (2023). Teori Humanistik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.162

Hamda, N., Nurhasanah, E., & Tasia, F. E. (2021). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Inovatif. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(2), 130–136. http://pijarpemikiran.com/index.php/Aufklarung

Hartati, S. C. Y., Priambodo, A., & Kristiyandaru, A. (2012). Permainan Kecil (Cara Efektif Mengembangkan Fisik, Motorik, Keterampilan Sosial dan Emosional) (Cetakan Pe). Wineka Media.

Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52–64. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985

Idhayani, N., Salma, S., & Yusuf, J. (2024). Bermain Dan Permainan Anak (E. Setiawan & M. R. Ramadani (eds.); Cetakan Pertama). Cv.Eureka Media Aksara.

Irham, A., Anggoro, A. D., Mubasyir, A. C., Nurhayati, F., & Ningrum, S. A. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Senam Lantai Guling Depan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 136–141. https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.451

Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 12(1), 14–22. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI

Legowo, Y. A. S., Puspitasari, N., Shintya, Y., Baligh, L. N. A., & Setiyawan, J. N. (2023). Gamifikasi Identifikasi Jenis Permainan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 1–11. https://doi.org/10.30659/pendas.10.1.1-11

Mahmudah, I., Darmawan, A., & Aliriad, H. (2022). Faktor Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan, 2(2), 94–101. http://journal.unugiri.ac.id/index.php/citius

Rambe, A. H., Parapat, H. F., Hadinata, R., & Hasratuddin, H. (2024). Pemanfaatan Media Berbasis Game dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran Sekolah Dasar. Elementary Schoool Education Journal, 8(3), 117–132. http://dx.doi.org/10.30 651/else.v8i3.24251

Ristanti, D. I., Setiawan, W., & Setiawan, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Hullahop Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Senam Lantai Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Pakusari. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olahraga), 4(1), 16–20. https://doi.org/10.36526/kejaora.v4i1.617

Riyanto, J. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Melalui Alat Bantu Siswa Kelas Iv Semester Ii Sdn 1 Ngampelkulon Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah, 3(2), 262–273. https://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka/article/view/1914%0Ahttps://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka/article/view/1914/1221

Rustamana, A., Sahl, K. H., Ardianti, D., & Solihin, A. H. S. (2024). Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) dalam Pendidikan. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 60–69. https://doi.org/10.61132/bima.v2i3.1014

Sakti, B. P. (2020). Upaya Peningkatan Guru Profesional Dalam Menghadapi Pendidikan Di Era Globalisasi. Journal of Elementary Education, 4(1), 74–83. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.632

Setiawan, M. F. M., Carsiwan, C., Al Ghazaly, M. D. A., & Rahmadayanti, R. S. (2025). Pendekatan Bermain dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga, 15(2), 81–91. https://doi.org/10.37630/jpo.v15i2.2616

Subair, A. (2023). Penerapan Model Permainan Dalam Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Global Journal Sports, 1(1), 27–38. https://doi.org/10.35458

Suparlan. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.24114/kjb.v7i1.10113

Susanto, P. C., Arini, D. U., Yuntina, L., Soehaditama, J. P., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.504

Sutoro, S., & Nurhidayah, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Langsung dengan Media Bidang Miring untuk Meningkatkan Gerak Dasar Guling Depan. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(2), 1–15. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i2.15303

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141

Zunidar, Z. (2019). Peran Guru Dalam Inovasi Pembelajaran. Jurnal Nizhamiyah, 9(2), 41–56. https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/nizhamiyah/article/viewFile/550/464

Published

2025-09-29

How to Cite

Mawardani, S. I., Prakoso, B. B., Febriyanti, I., Dinata, V. C., & Khusairi, A. (2025). Pengembangan model permainan dalam pembelajaran senam lantai terhadap hasil belajar guling depan. Bravo’s: Journal of Physical Education and Sport Science, 13(3), 610-625. https://doi.org/10.32682/bravos.v13i3/188

Similar Articles

1-10 of 34

You may also start an advanced similarity search for this article.