Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler di Jenjang Menengah Pertama
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

Pendidikan Jasmani
kebugaran jasmani

How to Cite

Novian Rizki Galang Pamungkas, & Mashuri Eko Winarno. (2024). Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler di Jenjang Menengah Pertama. Bravo’s: Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 12(4), 319-325. https://doi.org/10.32682/bravos.v12i4/45

Abstract

Luaran dari kegiatan ekstrakurikuler satu diantaranya adalah prestasi. Sedangkan sukar mencapai suatu prestasi  apabila tidak disertai jasmani yang bugar. Sehingga tujuan utama penelitian ini adalah mengevaluasi kebugaran jasmani peserta ekstrakurikuler. Metode yang dipilih adalah survei deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 63 peserta ekstrakurikuler olahraga dari empat cabang olahraga futsal, bola voli, bola basket dan jujitsu, dan tes kebugaran jasmani indonesia (TKJI) digunakan sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian memperoleh rata-rata di atas 2.5 dan persetanse antara 55.6% hingga 56.0% menunjukan bahwa mayoritas peserta ekstrakurikuler dari empat cabang olahraga memiliki tingkat kebugaran jasmani yang sedang. Evaluasi ini menunjukan perlunya perhatian lebih dalam pelaksanaan latihan ekstrakurikuler agar peserta dapat meningkatkan kebugaran jasmani mereka, terutama karena faktor-faktor seperti kurangnya semangat peserta dalam melakukan latihan dan frekuensi latihan yang hanya dilakukan satu kali dalam sepekan. Oleh karenanya, perhatian lebih dalam pelaksanaan latihan ekstrakurikuler sangat diperlukan agar peserta dapat mencapai tingkat kebugaran jasmani yang lebih optimal.

 

PDF (Bahasa Indonesia)

References

Alamsyah, D. A. N., Hestiningsih, R., & Saraswati, L. D. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kebugaran Jasmani pada Remaja Siswa Kelas XI SMK Negeri 11 Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(3).

Alfani, M. A., & Sigit, C. N. (2023). Potret Penerapan Model Evaluasi Program dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Literature riview. Bravo’s : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 11(1). https://doi.org/10.32682/bravos.v11i1/2839

Budiwanto, S. (2017). Metodologi Penelitian dalam Keolahragaan (1st ed.). Malang: UM Press.

Gunarsa, S. D., & Wibowo, S. (2021). Hubungan Kualitas Tidur dengan Kebugaran Jasmani Siswa. JPOK, 9(1).

Hidayati, W., Syaefudin, & Muslimah, U. (2021). Manajemen Kurikulum dan Program Pendidikan : Konsep dan Strategi Pengembangan (01 ed.). Yogyakarta: Semesta Aksara.

Januarto, O. B., & Yunus, M. (2019). Kebugaran Jasmani (Physical Fitness) (01 ed.). Malang: Wineka Media.

Karademir, A., Alkan, H., & Canlı, M. (2024). The Effect of Regular Physical Activities on Neurological Status, Developmental Parameters, and Physical Fitness in Preschoolers. Early Child Development and Care, 194(4), 597–605. https://doi.org/10.1080/03004430.2024.2343923

Larassary, A., & Wulandari, S. (2022). Optimalisasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Menggunakan Model Project-Based Learning dengan Media Instagram pada Masa New-Normal. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.54284/jopi.v2i1.149

Lengkana, A. S., & Muhtar, T. (2021). Pembelajaran Kebugaran Jasmani. Bandung: Cv Salam Insan Mulia.

Nadjib, A., & Wibowo, S. (2022). Tingkat Kebugaran Jasmani Dimasa Pandemi Covid 19 pada Siswa Kelas X SMKN 1 Buduran. Berajah Journal, 2(3), 557–564. https://doi.org/10.47353/BJ.V2I3.132

Ricardus Natal, Y. (2022). Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik SMP di Masa Pandemi. Jurnal Penjakora, 9(1). https://doi.org/10.23887/PENJAKORA.V9I1.46546

Roji, & Yulianti, E. (2017). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII (01 ed.). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sabillah, M. I., & Nasrulloh, A. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Berbasis Blended Learning di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(1), 16–26. https://doi.org/10.21831/JPJI.V18I1.47652

Santoso, T. (2021). Analisis Pengaruh Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SMA Negeri 1 Guntur. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(2), 83–92. https://doi.org/10.53869/JPDM.V1I2.158

Sopatin, P. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Soraya, I., Sugihartono, T., & Defliyanto, D. (2019). Pengaruh Latihan SKJ 2018 Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Mahasiswa Putri Penjas UNIB. KINESTETIK, 3(2), 249–255. https://doi.org/10.33369/jk.v3i2.8998

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (19th ed.). Bandung: Alfabeta.

Sulistiyono. (2020). Manajemen Event Olahraga (01 ed.). Yogyakarta: UNY Press.

Widiastuti. (2017). Tes dan Pengukuran Olahraga (02 ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Winarno, M. E. (2006). Dimensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Laboratorium Jurusan Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang.

Wiyani, N. A. (2013). Membumikan Pendidikan Karakter di SD (Konsep, Praktek dan Strategi). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Novian Rizki Galang Pamungkas , Mashuri Eko Winarno (Author)

Downloads

Download data is not yet available.