Persepsi guru pamong terhadap kompetensi mahasiswa PLP pendidikan jasmani di SMA kabupaten Jombang
DOI:
https://doi.org/10.32682/bravos.v13i2/152Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui persepsi guru pamong mengenai kompetensi mahasiswa PLP universitas PGRI Jombang yang suatu saat bisa dijadikan bahan evaluasi agar mahasiswa bisa mengajar lebih baik kedepannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif Kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah semua guru pamong yang mengajar pendidikan jasmani yang terdapat di SMA se-Kecamatan Jombang. Subjek tersebut berjumlah 12 guru pamong pendidikan jasmani, yang dimana sekolahnya terdapat mahasiswa PLP se-Kecamatan Jombang di 7 sekolahan yang berbeda. Penelitian ini memakai angket sebagai instrumen Hasil penelitian berdasarkan beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh kompetensi mahasiswa PLP prodi pendidikan jasmani yaitu kompetensi pedagogik masuk dalam kategori baik dengan jumlah skor 84%, kompetensi kepribadian masuk dalam kategori sangat baik dengan jumlah skor 88%, kompetensi sosial masuk dalam kategori sangat baik dengan jumlah skor 100%, dan kompetensi professional masuk dalam kategori baik dengan jumlah skor 83%. Dengan demikian, kompetensi mahasiswa PLP prodi pendidikan jasmani menunjukkan hasil secara keseluruhan dengan kategori sangat baik sebesar 88,76%. Penelitian lanjutan diharapakan dapat lebih terfokus kepada perbaikan pada tiap indikator kompetensi seperti kreatifitas pembelajaran dengan media yang inovatif baik di dalam kelas maupun di luar kelas, agar kualitas mahasiswa PLP prodi pendidikan jasmani dan output yang dihasilkan setelah lulus lebih baik lagi.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Asril, Zainal (2013). Micro Teaching Disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta: Rajawali Pers
Fitria, N., & Fidesrinur. (2017). Praktik Pengalaman Lapangan.
Fitriyah, N. (2021). Pengertian Persepektif. Repository.Iainkudus.
Getteng, Rahman Abd. (2014) Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika. Yogyakarta: Graha Guru.
Gide, A. (2017). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Gide, A. (2017). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kegiatan.
Hasibuan, (2014). Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya
Maiti, B. (2018). Definisi Kompetensi Sosial Kompetensi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim,
Marwiyah, S. (2019). Kompetensi profesionalisme guru dan peranannya dalam mengimplementasikan kurikulum. Didaktika: Jurnal Kependidikan,
Rona. (2020). Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran. PRIMEARLY Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, III,
Sadirman.( 2010). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Per
Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. 2016. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Suganda, M,A. 2014. Persepsi Guru Pamong Terhadap Kterampilan Mengajar Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan Mata Pelajaran Penjasorkes Di SMAN Kota Padang.
Sugiyono, (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D
Sukmawan, S., Adi, S. S., Dewi, P. K., Asteria, P. V., Hapsari, Y., Ratri, D. P., Inayati, D., Sutiyarti, U., & Saragih, F. A. Puspitasari, D. (2016). Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan Fakultas Ilmu Budaya. Universtas Brawijaya. Malang.
Susanto, H. (2020). Profesi Keguruan. Banjarmasin: FKIP Universitas Lambung Mangkurat.
Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-8. Jakarta : Prenada Media Group.
Syakdiyah, A. Nafi. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa PPL UNY Di SMKN Yogyakarta.
Tiara Dewi, Muhammad Amir Masruhim, R. S. (2016). Kajian Teori Dan Kerangka Pemikiran a. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur,
Usman, M.U. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winarti, P. (2020). Persepsi Guru Pamong Terhadap Kompetensi Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi PGSD FKIP Undaris Di Sekolah Dasar Wilayah Kecamatan Ungaran Barat Dan Timur Tahun Akademik 2018/2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 MECCA PUSPITANINGSARI, Aditya Harja Nenggar (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.