<i>Movement Behavior and Physical Fitness </i>di Sekolah Menengah Pertama Berbasis Negeri Se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

Movement Behavior
Physical Fitness
, FITT

How to Cite

Kanduwi, E., Fitriady, G., & Darmawan, A. (2024). Movement Behavior and Physical Fitness di Sekolah Menengah Pertama Berbasis Negeri Se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Bravo’s: Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 12(3), 231-244. https://doi.org/10.32682/bravos.v12i3/43

Abstract

Movement Behavior mengacu pada jenis-jenis aktivitas fisik yang dilakukan seseorang, termasuk pada FITT (Frequency, Intensity, Type and Time) Hal ini perilaku ferak sangat memepengaruhi kebugaran jasmani pada seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat periaku gerak dan kebugaran jasmani peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Lowokwaru. Metode penelitian ini adalah survei dengan teknik pengambilan sampel purposive proportional sampling melibatkan 317 siswa yang terinci dari 155 putra dan 162 putri pada SMP Negeri kelas VIII di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Instrumen yang digunakan adalah Tes Kebugaran Jasmani Indonesia dan kuesioner aktivitas fisik. Hasil penelitian yang diperoleh peserta didik mempunyai rata rata terbesar pada kategori sedang dengan persentase 43,9% putra dan 45,7%  Putri. Temuan baru penelitian ini peserta didik melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang hingga tinggi, namun frekuensinya kurang dari 3 kali dalam seminggu dan durasinya kurang dari 60 menit. Hal ini tidak sesuai dengan pedoman yang disarankan oleh WHO yang merekomendasikan aktivitas fisik minimal 3 kali dalam seminggu dengan durasi >60 menit untuk mencapai kebugaran jasmani yang optimal

PDF (Bahasa Indonesia)

References

Abdillah, M. I., Wahyudi, U., & Kurniawan, R. (2024). Tingkat Kesegaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Futsal Di SMP Negeri SE-Kecamatan Singasari.

Adi, S. (2021). Benefits of Sports Activities with FITT Principles During the Covid-19 Pandemic in a “New Normal” Life for Health. Proceedings of the 4th International Conference on Sports Sciences and Health (ICSSH 2020), 36(Icssh 2020), 121–126. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.210707.028

Agung Widodo, M. T. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehtan (PJOK) Terintegrasi Dengan AL-ISLAM Kemuhammadiyahan Bahasa Arab (ISMUBA) DI SD/MI Muhammadiyah.

Alfyan, A., Irianto, T., & Dirgantoro, E. W. (2022). Analisis Kebugaran Jasmani Fisik Pada Peserta Didik SMPN 1 Parinngin Kabupaten Balanngan.

Amandus Hutasoit, S. (2021). Pembelajaran Teacher Centered Learning (TCL) dan Project Based Learning (PBL) dalam Pengembangan Kinerja Ilmiah dan Peninjauan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(10), 1775–1799. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.294

Anton, D., Munandar, W., & Ismail, A. (2023). Survei Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Smp Negeri 1 Rindingallo Kelas Vii Toraja Utara. 3(1).

Arifandy, A., Hariyanto, E., & Wahyudi, U. (2021). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP. Sport Science and Health, 3(5), 218–234. https://doi.org/10.17977/um062v3i52021p218-234

BSKAP, K. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum 2013. Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 123.

Chabibi Arif, A., Maksum, A., & Kristiyandaru, A. (2021). The Effect of Daily Physical Activity on Increasing Physical Fitness and Academic Achievement of Elementary School. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(2), 964–974. https://doi.org/10.33258/birle.v4i2.2082

Dwiyogo, W. D. (2012). Pengembangan Kurikulum.

Fahrurrazi, A. I., Irianto, T., & Dirgantoro, E. W. (2022). Analisis Kebugaran Jasmani dari Aspek Durasi Olahraga Pada Peserta Didik SMP Negeri 5 Kota Banjarmasin.

Fajri, K. N. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. In Islamika.

Heldawati, R., Irianto, T., & Dirgantoro, E. W. (n.d.). Analisi Kebugaran Jasmani Dari Aaspek Durasi Olahraga Pada Peserta Didik SMP Negeri 2 Martapura Kabupaten Banjar. 2022.

Huang, Z., Li, S., Lu, F., Tian, K., & Peng, L. (2023). Current situation and factors influencing physical fitness among adolescents aged 12 ∼ 15 in Shandong Province, China: A cross-sectional study. Preventive Medicine Reports, 36(October), 102460. https://doi.org/10.1016/j.pmedr.2023.102460

Huda, M. S., & Winarno, M. E. (2023). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani di Madrasah Tsanawiyah.

Kemendikbudristek BSKAP. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendid. In Kemendikbudristek BSKAP RI (Issue 021).

Kusumo, M. P. (2020). Buku Pemantauan Aktivitas Fisik. In Yogyakarta: The Journal Publishing (Issue May). http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/35896/Buku pemantauan aktivitas fisik.pdf?sequence=1

Mačak, D., Popović, B., Babić, N., Cadenas-Sanchez, C., Madić, D. M., & Trajković, N. (2022). The effects of daily physical activity intervention on physical fitness in preschool children. Journal of Sports Sciences, 40(2), 146–155. https://doi.org/10.1080/02640414.2021.1978250

Mardius, A. (2016). Teori dan Praktek Kebugaran jasmani.

Masrani, Irianto, T., & Dirgantoro, E. W. (2022). Analisis Kebugaran Jasmani dari Aspek Frekuensi Aktivitas Fisik pada Peserta Dididk SMPN 1 Mekarsari Kabupaten Batola.

Meira, J., C., M., Meneguelli., K. S., Leopoldo, M. P., & Florindo, A. A. (2020). Anxiety and leisure-domain physical activity frequency, duration, and intensity during covid-19 pandemic.

Melati, S. (2021). Perbandingan kesegaran jasmani antara siswa yang tinggal di kota dan desa.

Miliandika, A., Dirgantoro, E. W., & Rakhman, A. (2023). Analisis Kebugaran Jasmani Dari Aspek Intensitas Latihan Pada Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama 19 di Banjarmasin.

Muhamad, L. (2023). Survei Tigkat Kebugaran Siswa Kelas VIII DI SMP IT Al-Miftah Telagasari Kabupaten Karawang.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248

Pemuda, K., & Indonesia, O. R. (2022). Olahraga, Daya Saing, dan Kebijakan Berbasis Data. Img-Deputi3.Kemenpora.Go.Id. https://img-deputi3.kemenpora.go.id/files/document_file/2023/07/17/31/5716laporan-nasional-sport-development-index-tahun-2022.pdf

Rachmawati, A., & Kurniawan, A. W. (2023). Survei kebugaran jasmani pada siswa aktif kegiatan keolahragaan di SMA Negeri 1 Pandaan.

Ramadhani, N. W., & Fitroni, H. (2020). dentifikasi Pola Aktivitas Fisik Anak Sekolah Dasar di Kota Surabaya dan Kabupaten Nganjuk.

Rifaldi, M., Pitnawati, P., Ihsan, N., & Febrian, M. (2023). Tingkat Kebuagran Jasmani Siswa SMP Negeri 02 Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.

Rizaldi, R. (2019). Perbandingan Kebugaran Jasmani Antara Sekolah Di Perkotaan dan di Pedesaan Studi Kasus di SMA Negeri 5 Palembang dan SMA Neeri 2 Banyuasin 2.

Saharullah, S., & Setyagraha, E. (2024). Perbandingan Tingkat Kesegaran Jasmani Remaja di Daerah Perkotaan dengan di Daerah Pedesaan di Kabupaten Majene.

Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2), 78-93.

Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2), 78–93. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i2.18379

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi.

Sukariyadi, T. I. (2022). Manajemen Kurikulum.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. 13–28.

Tanır, H. (2019). Determination of Healthy Life Style Behaviours of the Students in Middle-Adolescence. World Journal of Education, 9(1), 70. https://doi.org/10.5430/wje.v9n1p70

UNESCO. (2012). charter of physical education.

Westcott, W. L., Winett, R. A., Annesi, J. J., Wojcik, J. R., Anderson, E. S., & Madden, P. J. (2019). Prescribing physical activity: applying the ACSM protocols for exercise type, intensity, and duration across 3 training frequencies.

WHO, O. W. health. (2022a). Indonesian Physical Activity Profile. Indonesian Physical Activity.

WHO, O. W. health. (2022b). PHYSICAL ACTIVITY.

Widiastuti. (2010). Formulir Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI). Olahraga Kebugaran Jasmani, 1200, 71–87.

Wijaya, M. A., Kanca, N., Jasmani, P., Deputi, A., & Pendidikan, O. (2019). Media Pembelajaran Aktivitas Pengembangan PJOK Untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. 1–6.

Winarno, M. E. (2018). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani.

Yamada, M., Kimura, Y., Ishiyama, D., Otobe, Y., Suzuki, M., Koyama, S., & Arai, H. (2020). Effect of the COVID-19 epidemic on physical activity in community-dwelling older adults in Japan: a cross-sectional online survey.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Exy Kanduwi, Gema Fitriady, S.Pd., M.Pd., Dr. Arief Darmawan, S.Pd., M.Pd.AIFO (Author)

Downloads

Download data is not yet available.