Potret hasil tes potensi akademik: studi analisis kuantitatif pada mahasiswa PPG Program Studi Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang
DOI:
https://doi.org/10.32682/qm5k8s08Keywords:
Tes Potensi Akademik, PPG, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Tes, Mahasiswa, Tes Potensi Akademik, PPG, PJOKAbstract
Tujuan TPA ialah untuk menilai kualitas intelektual, bakat serta kemampuan seseorang dalam bidang akademik. Tujuan penelitian ini menganalisis hasil tryout TPA pada mahasiswa PPG program studi PJOK. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis butir soal secara kuantitatif. Tahapan dalam analisis data meliputi 1) analisis tingkat kesukaran butir soal tryout, 2) mengukur daya beda, 3) analisis validitas butir soal tryout, 4) menguji distraktor pilihan jawaban dan 5) analisis realiabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. dari 35 butir soal tryout yang telah diberikan pada 523 mahasiswa PPG program studi PJOK masih harus ditingkatkan dengan hasil tingkat kesukaran mudah sebanyak 20 butir soal (p > 0,70), sedangkan tingkat kesukaran sedang sebanyak 14 butir soal (0,30 ≤ p ≤ 0,70) dan 1 butir soal pada tingkat kesukaran sulit (p < 0,30). Hasil analisis daya beda terdapat 20 butir soal termasuk dalam kategori cukup dan 15 butir soal termasuk kategori jelek. Hasil analisis validitas butir soal terdapat 11 butir soal yang dianggap tidak valid dikarenakan r < 0,3. Namun terdapat data yang menunjukkan butir soal valid tapi beberapa butir soal memiliki korelasi yang rendah dikategorikan sebagai tidak valid dan perlu untuk digugurkan. Hasil analisis distraktor terdapat 7 butir soal yang tidak berfungsi sehingga butir soal tersebut perlu dibuang atau digugurkan. Hasil analisis reliabilitas dihasilkan sebesar 0,823 untuk keselurhan 35 butir soal atau pada tahap awal sebelum digugurkan atau revisi. Kemudian meningkat menjadi 0,831 untuk 28 butir soal yang tersisa atau setelah dilakukan pengguguran. Hasil tersebut menunjukkan bahwa instrumen tes memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi.
Downloads
References
Aini, S. N., Nurjanah, S., & Pratama, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Learning Management System (LMS) dan Motivasi Terhadap Kompetensi Mahasiswa PPG Universitas Negeri Jakarta Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), 558–569.
Aji, B. S., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VIII Semester Gasal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1449–1463. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6594
Augustia, A. D., Agustia, C. N., Azzahra, D., Hakim, L., & Pratiwi, V. (2025). Analisis Validitas dan Reliabilitas Soal Pilihan Ganda dengan Menggunakan Software Anates pada Mata Pelajaran Perpajakan. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 5(1), 250–265. https://doi.org/10.37481/jmeb.v5i1.1165
Basuki, I., & Hariyanto. (2016). Asesmen Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Crocker, L., & Algina, J. (2008). Introduction to classical and modern test theory- Procedures for Estimating Reliability. In Harcourt Brace Jovanovich College.
Garvin, A. D., & Ebel, R. L. (1980). Essentials of Educational Measurement. Educational Researcher, 9(9). https://doi.org/10.2307/1175572
Maulina, N., & Novirianthy, R. (2020). ITEM ANALYSIS AND PEER-REVIEW EVALUATION OF SPECIFIC HEALTH PROBLEMS AND APPLIED RESEARCH BLOCK EXAMINATION. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 9(2). https://doi.org/10.22146/jpki.49006
Mustafa, P. S., & Masgumelar, N. K. (2022). Kajian Review: Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, danKeterampilan dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 35–36.
Nurhalimah, S., Hidayati, Y., Rosidi, I., & Hadi, W. P. (2022). The Relationship Between Item Validity With Distinguishing Power And Difficulty Level Of Multiple Choice Questions PAS (in Indonesian). Natural Science Education Research, 4(3), 249–257.
Pratama, D. C., Sulaiman, S., & Soegiyanto, S. (2021). The Effect of Teaching Certification on the Performance of Physical Education Sports and Health Teacher in Paser Regency , East Kalimantan. Journal of Physical Education and Sports, 10(4).
Rambe, F. A., Siregar, S., Yadaini, S. S., & Ramahsita, S. (2024). Tantangan Guru PJOK Dalam Mengoptimalkan Media Pembelajaran. 2(2), 81–83.
Ridwan, N. A., & Fadli, M. (2024). Implementasi Etos Kerja Guru Pjok Di Era Society 5.0. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(8), 17. https://doi.org/10.17977/um065.v4.i8.2024.17
S., R., Thorndike, R. L., & Hagen, E. (1961). Measurement and Evaluation in Psychology and Education. Journal of the American Statistical Association, 56(296). https://doi.org/10.2307/2282039
Saputra, M. H. Y., Arthana, I. K. R., & Santyadiputra, G. S. (2017). Simatik : Aplikasi Simulasi Bank Soal Tes Potensi Akademik (TPA) Berbasis Multi Platform. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 5(2). https://doi.org/10.23887/jst-undiksha.v5i2.8621
Saputri, H. A., Zulhijrah, Larasati, N. J., & Shaleh. (2023). Analisis Instrumen Assesmen : Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, dan Daya Beda Butir Soal. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(5).
Sarea, M. S., & Ruslan, R. (2019). KARAKTERISTIK BUTIR SOAL: CLASSICAL TEST THEORY VS ITEM RESPONSE THEORY? DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 13(1). https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.296
Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar dan Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Wantoro, J., Sutama, S., Zuhriah, S., & Hafida, S. H. N. (2019). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENDIDIKAN PROFESI GURU SEKOLAH DASAR BEBASIS HOTS. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1). https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8453
Zein, A., Fadillah, M., & Novianti, R. (2018). Hubungan Antara Validitas Butir, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Soal Ujian Semester Genap Bidang Studi Biologi Kelas Xi Sma / Ma Negeri Di Kota Padang. Semirata 2013 FMIPA Unila, 2009, 39–47.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Nurrochmah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
						
     