Peningkatan minat belajar dan kebugaran jasmani melalui pendekatan CRT berbasis permainan tradisional

Authors

  • Nurul Hikam Arifah Arifah Universitas PGRI Adibuana Surabaya Author
  • Muhammad Muhyi Muhyi Author
  • Puji Utomo Utomo Author
  • Oka Febri Dwi Jatmiko Jatmiko Author
  • Zaki Ichlasul Muhadi Muhadi Author
  • Ramadhan Ali Jafar Jafar Author
  • Novia Ramadhani Author
  • Setyo Welas Asih Asih Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/bravos.v13i2/134

Keywords:

culture responsive teaching, learning interest, permainan tradisional, kebugaran jasmani

Abstract

Melalui penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching  (CRT) yang berbasis pada permainan tradisional, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat peserta didik dalam belajar dan olahraga. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus dilakukan pada peserta didik di kelas VII-A SMP Negeri 24 Surabaya. Instrument penelitian terdiri dari Multistage Fitness Test (MFT) untuk mengukur kebugaran jasmani dan lembar observasi untuk menilai minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kedua aspek tersebut. Rata-rata skor minat belajar peserta didik meningkat dari 3,2 pada siklus I menjadi 3,8 pada siklus II, sedangkan VO2max peserta didik laki-laki meningkat dari 24,1 ml/kg/menit menjadi 32,0 ml/kg/menit, dan peserta didik perempuan dari 22,6 ml/kg/menit menjadi 27,3 ml/kg/menit. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT), yang mengintegrasikan unsur budaya lokal melalui permainan gobak sodor, tidak hanya efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar peserta didik, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap peningkatan kebugaran jasmani mereka. Oleh karena itu, pendekatan ini direkomendasikan untuk diimplementasikan dalam pembelajaran PJOK sebagai strategi untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih inklusif, menyenangkan, dan bermakna bagi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andara, Y., & Az-Zahra, P. F. (2023). Analisis Implementasi Strategy Inventory For Language Learning (Sill) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid., 2(5), 2128–2141. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9448 DOI: https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9448

Chandra, D. P., Putra, R. E., & Ismail. (2020, January). A Review of Students’ Physical Fitness Students at MTSN, Lubuk Buaya, Padang. In Proceedings of the 1st Progress in Social Science, Humanities and Education Research Symposium (PSSHERS 2019). https://doi.org/10.2991/assehr.k.200824.049 DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.200824.049

Desri, D., Nuryadi, N., & Carsiwan, C. (2023). Profil Gerak Dasar Manipulatif Melempar Peserta didik di Sekolah Menengah Pertama. Gelanggang Olahraga Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 6(2), 154–164. https://doi.org/10.31539/jpjo.v6i2.6243 DOI: https://doi.org/10.31539/jpjo.v6i2.6243

Egistiani, S., Wibowo, D. V., Nurseha, A., & Kurnia, T. (2023). Strategi Guru Dalam Mendidik Anak Menuju Indonesia Emas 2045. Educatio, 17(2), 141–152. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.6859 DOI: https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.6859

Fariska, F. D., & Setyawan, A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Tema 1 Subtema 1 Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Peserta didik Kelas III SDN Socah 3 Bangkalan. SIMPATI, 1(2), 60–71. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i2.156 DOI: https://doi.org/10.59024/simpati.v1i2.156

Iswahyudi, N., Fajar, M. K., Sugeng, I., & Derana, G. T. (2020). LATIHAN CIRCUIT TRAINING TERHADAP PENINGKATAN DAYA TAHAN AEROBIK (VO2 MAX). Altius Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 9(2), 61–69. https://doi.org/10.36706/altius.v9i2.12862 DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v9i2.12862

Marwah, S. (2020). Improving Amounting Ability Through Media Power Points in Grade II of Basic School. Social Humanities and Educational Studies (SHEs) Conference Series, 3(3), 314–314. https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.45855 DOI: https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.45855

Mujriah, M., Esser, B. R. N., & Susilawati, I. (2022). EFEK PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT PADA MOTIVASI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS DALAM PERMAINAN TRADISIONAL). JUPE Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1). https://doi.org/10.58258/jupe.v7i1.3061 DOI: https://doi.org/10.58258/jupe.v7i1.3061

Pajrini, A. & Mubaidillah. (2023). Enhancing Students’ Speaking Skill Through Active Learning Strategy; a Classroom Action Research. NUR EL-ISLAM Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 10(1), 165–183. https://doi.org/10.51311/nuris.v10i1.518 DOI: https://doi.org/10.51311/nuris.v10i1.518

Portillo, H. L. (2023, May). Impact of Culture on Students’ Academic Achievement in the Classroom. https://digitalcommons.csumb.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=2579&context=caps_thes_all

Pratalaharja, E., & Dirgantoro, B. (2021). Re-Introducing Indonesian Traditional Games through an Interactive Multiplayer Table Game—Gobak Sodor. Journal of Games Game Art and Gamification, 6(1), 27–31. https://doi.org/10.21512/jggag.v6i1.7324 DOI: https://doi.org/10.21512/jggag.v6i1.7324

Priadana, B. W., & Suwandi, E. W. (2023). Identifikasi Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta didik Sekolah Dasar di Kecamatan Sugihwaras. Physical Activity Journal, 4(2), 187–187. https://doi.org/10.20884/1.paju.2023.4.2.7894 DOI: https://doi.org/10.20884/1.paju.2023.4.2.7894

Putri, A. A., Ridhwan, A. S. N., Zahra, F. R., Handayani, N. A., Maharani, N. F., Rahmadini, R., & Mulyana, A. (2024). Menumbuhkan Minat dan Keterampilan Berolahraga melalui Pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 2750–2762. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1161 DOI: https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1161

Saputro, A. A., Prasetyo, G. B., & Saputra, Y. D. (2021). Recognition of Physical Education Learning at Elementary School Level During the Covid 19 Pandemic in Jombang Regency. PHEDHERAL, 18(2), 59–59. https://doi.org/10.20961/phduns.v18i2.56225 DOI: https://doi.org/10.20961/phduns.v18i2.56225

Sarbaitinil, S., Muzakkir, M., Yasin, M., Baresi, I. S., & Muhammadong. (2024). Menumbuhkan Minat Belajar Peserta didik melalui Metode Pembelajaran Kreatif. Deleted Journal, 2(2), 367–379. https://doi.org/10.62504/jimr75xf4w76 DOI: https://doi.org/10.62504/JIMR75xf4w76

Sarkadi, Casmana, A. R., & Rahmawati, Y. (2020). Improved Learning Design for Pre-Service Teacher in a Character Education Course. Universal Journal of Educational Research, 8(1), 212–224. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080126 DOI: https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080126

Septianto, I., Sumaryanti, S., Nasrulloh, A., Sulistiyono, S., Nugraha, H., Ali, M., Ramadhani, A. M., Dewantara, J., Haniyyah, N., Fauzi, F., Suryadi, D., Ardian, R., & Subarjo, S. (2024). Traditional games for physical fitness: An experimental study on elementary school students. Retos, 54, 122–128. https://doi.org/10.47197/retos.v54.104177 DOI: https://doi.org/10.47197/retos.v54.104177

Sholikin, M. M., Fajrie, N., & Ismaya, E. A. (2022). Nilai Karakter Anak Pada Permainan Tradisional Gobak Sodor dan Egrang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1111–1121. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3035 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3035

Sudaryanto, B. W. (2022). MENINGKATKAN KEAKTIFAN BERKOMUNIKASI MELALUI MODEL ROLE PLAYING. Jurnal Ilmiah WUNY, 4(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i1.26863 DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i1.26863

Suliswaningsih, S., Widiawati, C. R. A., Syafa’at, A. Y., & Fajrina, B. T. N. (2021). Pelatihan Membuat Game Menggunakan Software Construct 2 untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta didik SMK. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Seni Bagi Masyarakat), 10(1), 1–1. https://doi.org/10.20961/semar.v10i1.44463 DOI: https://doi.org/10.20961/semar.v10i1.44463

Sumarni, B., Bhatta, D. D., & Kho, S. F.-C. (2022). The Use of Total Physical Response in Teaching Vocabulary Integrated with Meaningful Classroom Interaction. Journal of Language and Literature Studies, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.36312/jolls.v2i1.710 DOI: https://doi.org/10.36312/jolls.v2i1.710

Syafriadi, S., Kusuma, L. S. W., & Yusuf, R. (2021). Integrasi Permainan Tradisional Dalam Metode Pembelajaran Praktik untuk Meningkatkan Minat Belajar PJOK. Reflection Journal, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.36312/rj.v1i1.487 DOI: https://doi.org/10.36312/rj.v1i1.487

Published

2025-06-23

How to Cite

Arifah, N. H. A., Muhyi, M. M., Utomo, P. U., Jatmiko, O. F. D. J., Muhadi, Z. I. M., Jafar, R. A. J., Novia Ramadhani, & Asih, S. W. A. (2025). Peningkatan minat belajar dan kebugaran jasmani melalui pendekatan CRT berbasis permainan tradisional. Bravo’s: Journal of Physical Education and Sport Science, 13(2), 450-459. https://doi.org/10.32682/bravos.v13i2/134

Similar Articles

1-10 of 40

You may also start an advanced similarity search for this article.