Penerapan nilai karakter gotong royong melalui permainan tradisional bal budih di sekolah dasar
PDF

Keywords

bal budih
gotong royong
permainan tradisional

How to Cite

rahman, taufik, Rendra Kusuma, & Dyas Andry Prasetyo. (2025). Penerapan nilai karakter gotong royong melalui permainan tradisional bal budih di sekolah dasar. Bravo’s: Journal of Physical Education and Sport Science, 13(1), 245-252. https://doi.org/10.32682/bravos.v13i1/122

Abstract

Permainan tradisional merupakan salah satu warisan budaya yang sarat akan nilai-nilai karakter bangsa. Bal budih merupakan permainan tradisonal yang kerap dimainkan oleh masyarakat Kalianget Kabupaten Sumenep. Permainan ini merupakan permainan kelompok yang melibatkan kerjasama antar pemain untuk mencapai tujuan bersama yaitu poin terbanyak untuk meraih kemenangan. Permainan ini menekankan pada unsur gerak manipulatif yaitu lempar tangkap bola. Tujuan dari penelitian ini mengetahui sejauh mana penerapan nilai karakter gotong royong melalui permainan tradisional bal budih di sekolah dasar serta efektivitasnya dalam membentuk sikap kerjasama siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sebagian besar siswa saat memainkan permainan bal budih memiliki kerjasama yang baik (65.9%) dan sangat baik (31.8%). Sebagian besar siswa saat memainkan permainan bal budih memeiliki sikap peduli yang sangat baik (50.0%) dan baik (47.7%). Sebagian besar siswa saat memainkan bal budih memiliki sikap berbagi yang baik (63.6%) dan sangat baik (36.4%). Karakter gotong royong dapat diterapkan dalam permainan bal budih dengan efektif

PDF

References

Aggrawal, S., & Boowuo, H. (2023). Enhancing Teamwork Through Games: A Systematic Literature Review. 2023 IEEE Frontiers in Education Conference (FIE), 1–9. https://doi.org/10.1109/FIE58773.2023.10343284

Agustini, W., & Marleni, M. (2023). The Impact of Online Game Addiction on Learning Enthusiasm to Promote the Students’ Motivation to Learn. Journal of English Study Programme, 6, 370–382.

Alvi, R. R., Jais, M., Ayub, D., Fitrilinda, D., & Ramadhani, N. (2021). Identifikasi Nilai Karakter dalam Permainan Tradisional Cak Bur. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(2), 104–111. https://doi.org/10.15294/pls.v5i2.49187

Arfanda, P. E., Aprilo, I., Mappaompo, M. A., Arimbi, A., & Muhammad, H. N. (2024). Why Are Traditional Games Good for The Physical Being? Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 13(1), 147–154. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr

Ariesta, F. W., & Maftuh, B. (2020). Traditional Games as a Multicultural Education Planning for Children in Primary Schools The Journal of Innovation in Elementary Education. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2), 51–58. http://jipd.uhamka.ac.id

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.

Budhisantoso, S., Yunus, H. A., Maria, S., Liestuti, L., Hidayah, Z., & Susanto, A. F. T. eko. (1991). Nilai Budaya dalam Permainan Rakyat Madura-Jawa Timur (Nurana, Ed.). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Damayanti, S. N., Tiaraningrum, F. H., Nurefendi, J., & Lestari, E. Y. (2023). Pengenalan Permainan Tradisional untuk Melestarikan Budaya Indonesia. Jurnal Bina Desa, 5(1), 39–4.

Faridah, A., Permana, D., Hamzah, A. A., & Said, T. I. (2024). The Influence of Gobak Sodor Traditional Games towards Students’ Agility and Teamwork. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 8(1), 154–163. https://doi.org/10.33369/jk.v8i1.33552

Hodriani, J., & Alhudawi, U. (2023). Implementasi Pembelajaran PPKN Berbasis Permainan Tradisional Pada Mahasiswa PGSD. Journal of Humanities and Civic Education, 1(1), 17–28.

Ismoyo, I., Nasrulloh, A., Hermawan, H. A., & Ihsan, F. (2024). Health benefits of traditional games-a systematic review. Retos, 59, 843–856. https://recyt.fecyt.es/index.php/retos/index

Manullang, J. G., Handayani, W., & Riyoko, E. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Tingkat Kebugaran Siswa Kelas VII SMP PGRI 7 Palembang. Bravo’s Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 10, 129–136. https://doi.org/10.32682/bravos.v10i2/2508

Marlina, S. (2017). Character Values Development in Early Childhood through Traditional Games. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), Volume 58: 3rd International Conference on Early Childhood Education (ICECE-16), 404–408.

Mertika, M., & Mariana, D. (2020). Fenomena Game Online di Kalangan Anak Sekolah Dasar. Journal Of Educational Review And Research, 3, 99–104.

Muhaimin, A., Lubis, J., & Fachrezzy, F. (2024). The Impact of Traditional Games on Physical Fitness and Well-being of Literature Review. South Eastern European Journal of Public Health, 536–544.

Rosita, T., Nurhayati, S., Jumiatin, D., Rosmiati, A., & Abdu, W. J. (2020). Using traditional role-play games by adults to nurture a culture of cooperation among children amidst wide-spread engagement in online games within today’s technological society. Journal of Critical Reviews, 7(7), 183–186. https://doi.org/10.31838/jcr.07.07.29

Sudrajat, S., Wulandari, T., & Wijayanti, A. T. (2015). Muatan Nilai-nilai Karakter melalui Permainan Tradisional di PAUD Among Siwi, Panggungharjo, Sewon, Bantul. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 2(1).

Widiarti, A. U., & Anggita, G. M. (2022). The Role of Traditional Games on Children’s Ground Motor and Emotional Ability. ACPESH Journal of Physical Education, 2(2), 143–149. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ajpesh

Wijaya, M., & Pujihartati, S. H. (2018). The Value of Empathy in Javanese Traditional Games as a Formation of Social Care in Urban Youth Generation. Advances in Social Science, Education and Humanities Research: International Seminar On Recent Language, Literature, And Local Culture Studies (BASA 2018), 280, 111–115.

Zakaria, D. A., Juditya, S., Hambali, S., Sutiswo, S., & Rusmana, R. (2022). Traditional Games for Establishing Respect Attitude. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 5(2), 702–710. https://doi.org/10.31851/hon.v5i2.7966

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2025 taufik rahman, Rendra Kusuma, Dyas Andry Prasetyo (Author)

Downloads

Download data is not yet available.