Hubungan antara screen time dengan kesehatan mental pada siswa Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.32682/bravos.v13i3/169Keywords:
screen time, kesehatan mental, remaja, SMPAbstract
Latar Belakang Masalah: Peningkatan penggunaan perangkat digital oleh remaja menimbulkan kekhawatiran terhadap dampaknya pada kesehatan mental. Screen time yang berlebihan sering dikaitkan dengan gangguan psikologis seperti stres dan kecemasan. Oleh karena itu, penting untuk mengkaji apakah durasi screen time berhubungan langsung dengan kondisi psikologis siswa. Tujuan Penelitian: Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara screen time dengan kesehatan mental pada siswa SMP Negeri 23 Surabaya. Metode: Menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel terdiri dari 129 siswa kelas VII, VIII dan IX yang terpilih menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian meliputi angket screen time dan kuesioner Mental Health Quality of Life (MHQoL) yang telah divalidasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil: Rata-rata screen time siswa mencapai 5,44 jam per hari, melampaui batas yang direkomendasikan. Penggunaan tertinggi terjadi pada malam hari, terutama untuk media sosial dan bermain game. Kesehatan mental siswa berada pada kategori sedang hingga tinggi. Namun, uji korelasi Spearman menunjukkan tidak terdapat hubungan signifikan antara screen time dan kesehatan mental (ρ = 0,052; p = 0,561). Kesimpulan: Durasi screen time tidak terbukti secara statistik memengaruhi kesehatan mental siswa. Hal ini kemungkinan dipengaruhi oleh kondisi mental siswa yang relatif baik, dukungan sekolah dan orang tua dalam mengedukasi penggunaan gadget, serta partisipasi siswa dalam aktivitas fisik seperti ekstrakurikuler dan olahraga.
Downloads
References
American Academy of Pediatrics. (2016). Media Use in School-Aged Children and Adolescents. American Academy of Pediatrics, 138(6), e20162592. https://doi.org/10.1542/peds.2016-2592
Ainida, H. F., Dhian Ririn Lestari, & Rizany, I. (2020). Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Kualitas Tidur di Madrasah Aliyah Negeri 4 Banjar. Ejuenal Keperawatan, 4(2), 47–53.
Amanah. (2024). Orang Tua Wajib Tahu: Paparan Layar pada Anak Sebabkan Masalah Emosional. Lentera.Co. https://lentera.co/post/item/221061/Orang-Tua-Wajib-Tahu-Paparan-Layar-pada-Anak-Sebabkan-Masalah-Emosional
Indahwati, N. (2024). Penggunaan Gawai Pada Anak Serta Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Motorik dan Kesehatan Mental. In Rapat Terbuka Senat Akademik Universitas, Pengukuhan Profesor Universitas Negeri Surabaya Tahun 2024. Surabaya: Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi Universitas Negeri Surabaya.
Indahwati, N (2025). https;//lentera.co/post/item/221061/Orang-Tua-Wajib-Tahu-paparan-Layar-pada-Anak-sebabkan-masalah-Emosional
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2022. https://kemkes.go.id/id/profil-kesehatan-indonesia-2022
Kumaat, N. A., Sulistyana, C. S., & Saputra, Y. D. (2025). Pengaruh senam aerobik low impact dan yoga terhadap aerobic endurance dan tingkat stres wanita usia 30-40 tahun. Bravo’s: Journal of Physical Education and Sport Science, 13(2), 418–424. https://doi.org/10.32682/bravos.v13i2/96
Neshteruk, C. D., Mazzucca, S., Vaughn, A. E., Jones, D. J., & Ward, D. S. (2020). Identifying patterns of physical activity and screen time parenting practices and associations with preschool children’s physical activity and adiposity. Preventive Medicine Reports, 18(February), 101068. https://doi.org/10.1016/j.pmedr.2020.101068
Orben, A., & Przybylski, A. K. (2019). The association between adolescent well-being and digital technology use. Nature Human Behaviour, 3(2), 173–182. https://doi.org/10.1038/s41562-018-0506-1
Pan, Y., Zhang, W., & Iskandar, A. (2025). Impact of a Digital Detox Program on Screen Time and Sleep Hygiene in Adolescents. Journal of Adolescent and Youth Psychological Studies, 6(1), 146–155. https://doi.org/10.61838/kman.jayps.6.1.16
Pratiwi, H. (2020). Screen Time dalam Perilaku Pengasuhan Gererasi Alpha pada Masa Tanggap Darurat Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.544
Przybylski, A. K., & Weinstein, N. (2017). A Large-Scale Test of the Goldilocks Hypothesis: Quantifying the Relations Between Digital-Screen Use and the Mental Well-Being of Adolescents. Psychological Science, 28(2), 204–215. https://doi.org/10.1177/0956797616678438
Ramadhani, H. A., & Usiono. (2024). Permasalahan Kesehatan Mental Remaja dan Cara Mengatasinya. Medic Nutricia : Jurnal Ilmu Kesehatan, 9(3), 51–56. https://doi.org/10.5455/nutricia.v9i3.7444
Singh, S., & Balhara, Y. P. S. (2021). “Screen‑time” for children and adolescents in COVID‑19 times: Need to have the contextually informed perspective. Indian Journal of Psychiatry, 63(2), 192–195. https://doi.org/10.4103/psychiatry.IndianJPsychiatry_646_20
Sohn, S. Y., Rees, P., Wildridge, B., Kalk, N. J., & Carter, B. (2021). Prevalence of problematic smartphone usage and associated mental health outcomes amongst children and young people: a systematic review, meta-analysis and GRADE of the evidence (BMC Psychiatry, (2019), 19, 1, (356), 10.1186/s12888-019-2350-x). BMC Psychiatry, 21(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s12888-020-02986-2
Syilvani, S., Sukaesih, N. S., & Ningrum, D. (2024). Durasi Screen Time dengan Gangguan Tidur Remaja. Jurnal Keperawatan Profesional (KEPO), 5(1), 70–77. https://doi.org/10.36590/kepo.v5i1.941
Tang, S., Werner-Seidler, A., Torok, M., Mackinnon, A. J., & Christensen, H. (2021). The relationship between screen time and mental health in young people: A systematic review of longitudinal studies. Clinical Psychology Review, 86, 102021. https://doi.org/10.1016/j.cpr.2021.102021
Tintori, A., Ciancimino, G., & Cerbara, L. (2024). How Screen Time and Social Media Hyperconnection Have Harmed Adolescents’ Relational and Psychological Well-Being since the COVID-19 Pandemic. Social Sciences, 13(9). https://doi.org/10.3390/socsci13090470
Tirayoh, N. C., & Dja’far, V. H. (2021). Increased Myopia Prevalence in Youngsters As a Result Of Online Learning. Transformational Language, Literature, and Technology Overview in Learning (Transtool), 1(1), 39–46. https://doi.org/10.55047/transtool.v1i1.106
UNICEF. (2021). The State of the World’s Children 2021: On My Mind – Promoting, protecting and caring for children’s mental health. https://www.unicef.org/reports/state-worlds-children-2021
Van Krugten, F. C. W., Busschbach, J. J. V., Versteegh, M. M., Hakkaart-van Roijen, L., & Brouwer, W. B. F. (2022). The Mental Health Quality of Life Questionnaire (MHQoL): development and first psychometric evaluation of a new measure to assess quality of life in people with mental health problems. Quality of Life Research, 31(2), 633–643. https://doi.org/10.1007/s11136-021-02935-w
Wang, H., Shen, S., Abbey, C., Kennedy, T., Feng, E., Li, R., Liu, F., Zhu, A., Wadhavkar, P., Rozelle, S., & Singh, M. K. (2023). The Association Between Screen Time and Outdoor Time on Adolescent Mental Health and Academic Performance: Evidence from Rural China. Risk Management and Healthcare Policy, 16(January), 369–381. https://doi.org/10.2147/RMHP.S384997
WHO. (2020). Adolescent mental health. World Health Organization. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/adolescent-mental-health
WHO. (2021). Adolescent mental health: Key facts. World Health Organization. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/adolescent-mental-health
Zhou, W. Y., & Franzini, L. (2025). The role of social support in mitigating the effects of increased screen time on adolescent mental health. PLOS Mental Health, 2(1), e0000213. https://doi.org/10.1371/journal.pmen.0000213
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diva Reninta Lovyana, Nanik Indahwati (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.