Pengembangan Variasi Aktivitas Gerak Berbasis Sirkuit Pada Pembelajaran Lompat Jangkit Untuk Siswa SMK Negeri 7 Malang

Authors

  • Primita Primita Nur Mazzidah Universitas Negeri Malang Author
  • Arief Darmawan Universitas Negeri Malang Author
  • Gema Fitriady Universitas Negeri Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/bravos.v12i1/12

Keywords:

Variasi aktivitas gerak, lompat jangkit, sirkuit

Abstract

Penelitian ini dinyatakan layak etik No.26.3.2/UN32.14.2.8/LT/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan variasi aktivitas gerak berbasis sirkuit pada pembelajaran lompat jangkit di SMK Negeri 7 Malang. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall dengan hanya sampai pada 7 langkah. Subjek penelitian terdiri dari satu guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, 48 peserta didik kelas XI SMKN 7 Malang, 4 subjek ahli (2 ahli atletik, 1 ahli pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, dan 1 ahli media). Jenis data berupa data kuantitatif melalui kuesioner dengan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Dari 4 subjek ahli mendapatkan hasil rerata 86% dari kedua ahli atletik yang bermakna layak digunakan, 85% dari ahli pembelajaran PJOK yang bermakna layak digunakan dan  91% dari ahli media yang bermakna layak digunakan. Kemudian hasil uji coba mendapatkan 82% dari uji coba produk awal yang bermakna layak digunakan dan 85% dari uji coba produk akhir yang bermakna layak digunakan. Dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan berupa variasi aktivitas gerak berbasis sirkuit pada pembelajaran lompat jangkit dan buku panduan pelaksanaan pembelajaran ini dalam kategori valid dan bermakna layak digunakan dalam membantu pelaksanaan pembelajaran materi lompat jangkit di SMK Negeri 7 Malang.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andika, I. G. A., & Asmawi, M. (2022). Triple Jump Training Model Development based Circuit Training for Beginners Athletes. 3(1), 105–112. https://doi.org/10.31599/jces.v3i1.1011%0AVol.3, DOI: https://doi.org/10.31599/jces.v3i1.1011

Bahagia, Y. (2012). Pembelajaran Atletik. Pembelajaran Atletik, Departemen Pendidikan Nasional, 2–94.

Beauty Citra, T. R., Nurhasan, N., & Syam Tuasikal, A. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Permainan Sirkuit Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 499–507. https://doi.org/10.58258/jime.v6i2.1499 DOI: https://doi.org/10.36312/jime.v6i2.1499

Bile, R. L., Tapo, Y. B. O., & Desi, A. K. (2021). Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Berbasis Permainan Tradisional Sebagai Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. 8(April), 71–80. DOI: https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.30752

Borg, Walter R. & Gall, Meredith D. 1983. Educational Research An Introduction, Fourth Edition, New York: Longman.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Jakarta: Sinar Grafika.

Gennadievna, K. G. (2021). Athletics in the System of Physical Education of Student Youth.

Gennadievna, K. G. (2022). Methods of Teaching the Technique of Athletics to Students of the Faculty of Physical Culture. 7, 28–38.

Harris, J. (2019). The Case for Physical Education Becoming a Core Subject in the National Curriculum. Loughborough University.

Hoffmann, M. J., & Liu, J. (2022). Teaching Triple Jump to Middle and High School Aged Track Athletes. Strategies, 35(5), 35–37. https://doi.org/10.1080/08924562.2022.2100158 DOI: https://doi.org/10.1080/08924562.2022.2100158

Jariono, G., Nugroho, H., Hermawan, I., Fachrezzy, F., & Maslikah, U. (2021). The Effect of Circuit Learning on Improving The Physical Fitness of Elementary School Students. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 2(1), 59–68. https://doi.org/10.51601/ijersc.v2i1.22 DOI: https://doi.org/10.51601/ijersc.v2i1.22

Kresnapati, P. (2019). Pengaruh Pola Latihan Lompat Kijang Terhadap Hasil Lompat Jangkit Mahasiswa Putra Pjkr Upgris. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.15294/jscpe.v3i1.31883 DOI: https://doi.org/10.15294/jscpe.v3i1.31883

Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.33365/.v1i1.622 DOI: https://doi.org/10.33365/.v1i1.622

Maulana, I., Simanjuntak, V., & Yunitaningrum, W. (2016). Pengaruh Variasi Latihan Terhadap Hasil Lompat Jangkit Pada Ekstrakurikuler SMAN 7 Pontianak. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Keolahragaan, Jurusan Ilmu Keguruan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Tanjungpura.

Milenković, D. (2022). Effect of 8-Week Circuit Training on the Development of Different Forms of Muscle Strength in Physical Education. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 15(4), 221–227. https://doi.org/10.7160/eriesj.2022.150403 DOI: https://doi.org/10.7160/eriesj.2022.150403

Muliadi, M. (2019). Increased Triple Jump Learning Outcomes Through Used TiresAnd Cardboard Tools In Class Xii Ips 5 Students Of SMA Negeri 3 Bone. 1–12. https://doi.org/10.4108/eai.14-9-2019.2290034 DOI: https://doi.org/10.4108/eai.14-9-2019.2290034

Quennerstedt, M. (2019). Physical education and the art of teaching: transformative learning and teaching in physical education and sports pedagogy. Sport, Education and Society, 24(6), 611–623. https://doi.org/10.1080/13573322.2019.1574731 DOI: https://doi.org/10.1080/13573322.2019.1574731

Ramadan, G., Mulyana, N., Iskandar, D., Juniarti, Y., & Hardiyanti, W. E. (2020). Physical Education for Early Childhood: The Development of Students’ Motor in Athletics Basic Motion. 21(Icsshpe 2019), 83–86. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200214.023 DOI: https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200214.023

Rusiadi. (2020). Variasi Metode Dan Media Pembelajaran. Jurnal Alwatzikhoebillah: Kajian Islam, 6(2), 10–21. DOI: https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v6i2.226

Setiawan, D., & Purnomo, E. (2020). The Influence of Part and Whole Learning Methods on the Long Jump Achievement of 11th Grade Students. 736–740. https://doi.org/10.5220/0009802707360740 DOI: https://doi.org/10.5220/0009802707360740

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suryo Narbito, R. (2021). Implementasi Peningkatan Lompat Jangkit Melalui Model Latihan Single Leg Hops. Proficio, 2(01), 82–86. https://doi.org/10.36728/jpf.v2i01.1435 DOI: https://doi.org/10.36728/jpf.v2i01.1435

Winarno, M. E. (1995). Belajar Motorik. In Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Published

2024-05-28

How to Cite

Primita Nur Mazzidah, P., Darmawan, A., & Fitriady, G. (2024). Pengembangan Variasi Aktivitas Gerak Berbasis Sirkuit Pada Pembelajaran Lompat Jangkit Untuk Siswa SMK Negeri 7 Malang. Bravo’s: Journal of Physical Education and Sport Science, 12(1), 45-62. https://doi.org/10.32682/bravos.v12i1/12

Similar Articles

1-10 of 14

You may also start an advanced similarity search for this article.