Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Research Articles

Vol. 12 No. 1 (2024): Bravo's: Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Analisis Manajemen Industri Pelatihan Bulu Tangkis di Kabupaten Ngawi

Submitted
May 28, 2024
Published
2024-05-25

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui perencanaan manajemen industri pelatihan bulu tangkis di Kabupaten Ngawi; (2) Mengetahui organisasi manajemen industri pelatihan bulu tangkis di Kabupaten Ngawi; (3) Mengetahui pelaksanaan manajemen industri pelatihan bulu tangkis di Kabupaten Ngawi; (4) Mengetahui pengawasan manajemen industri pelatihan bulu tangkis di Kabupaten Ngawi. Penelitian ini adalah penelitian analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif, desain penelitian studi fenomenologi. Sampel dalam penelitian ini yaitu PBSI. Kab. Ngawi, Pelaku pelatihan olahraga, dan masyarakat Kab. Ngawi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini (1) perencanaan pelatihan bulu tangkis di Kabupaten Ngawi masih kurang dikarenakan. (2) Organisasi pelatihan di Kabupaten Ngawi masih perlu adanya peningkatan. (3) Pelaksanaan pelatihan bulu tangkis di Kabupaten Ngawi masih belum terlaksana secara maksimal. (4) Pengawasan manajemen pelatihan bulu tangkis di Kabupaten Ngawi belum ada dan belum adanya bagian khusus yang dibentuk atau aturan dalam proses pengawasan. Industri bulu tangkis di Kab. Ngawi sudah berjalan dengan cukup baik, akan tetapi perlu adanya dukungan dari berbagai pihak. Perlu adanya perencanaan yang matang hingga pengawasan agar industri bulu tangkis berjalan dengan baik.

References

  1. Akmal, A. Z., & Hartono, S. & M. (2020). Evaluation of Futsal Training Program in North Sumatera. Journal of Physical Education and Sports, 9(2), 157–162. https://doi.org/10.15294 /jpes.v9i2.34198
  2. Amado, A., Cortez, P., Rita, P., & Moro, S. (2018). Research trends on Big Data in Marketing: A text mining and topic modeling based literature analysis. European Research on Management and Business Economic, 24(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.iedeen.2017.06.002 DOI: https://doi.org/10.1016/j.iedeen.2017.06.002
  3. Arsyad, M., Shanda, A. A., Rizkianti, E. M., Rinelda, M. S., & Gustian, D. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Tentang Pentingnya Olahraga Bagi Kesehatan di Desa Bencoy Kecamatan Cireunghas Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Abdi Putra, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.52005/abdiputra.v3i2.49 DOI: https://doi.org/10.52005/abdiputra.v3i2.49
  4. Diatmika, I. P. W., Yoda, I. K., & Tisna, G. D. (2020). Evaluasi program pembinaan prestasi cabang olahraga bulutangkis di persatuan bulutangkis (PB) Anugerah Denpasar dengan metode contex, input, procces, product (CIPP). Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(8), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijst.v1i1.34832 DOI: https://doi.org/10.23887/ijst.v1i1.34832
  5. Ervanto, R. (2022). Perencanaan Komunikasi Pemasaran SANA STUDIO dalam Memasarkan Studio Olahraga di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, 18(2). https://doi.org/https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2022.18.2.5336
  6. Greco, F., & Polli, A. (2019). Emotional Text Mining: Customer profiling in brand management. International Journal of Information Management. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.04.007 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.04.007
  7. Gunawan, A., Sugiyanto, & Doewes, M. (2019). Manajemen Pembinaan Sumber Daya Manusia Bidang Perwasitan Persatuan Bolabasket Seluruh Indonesia (PERBASI). National Seminar of Sport Science 2019, 35.
  8. Harsono. (2015). Kepelatihan Olahraga Teori dan Metodologi. Bandung: Rosda. Bandung: Rosda.
  9. Hu, K. H., Chen, F. H., & Tzeng, G. H. (2016). Evaluating the improvement of sustainability of sports industry policy based on MADM. Sustainability (Switzerland), 8(7), 1–21. https://doi.org/10.3390/su8070606 DOI: https://doi.org/10.3390/su8070606
  10. Li, S., Song, X., Lu, H., Zeng, L., Shi, M., & Liu, F. (2020). Friend Recommendation for Cross Marketing in Online Brand Community Based on Intelligent Attention Allocation Link Prediction Algorithm. Expert Systems with Applications. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.eswa.2019.112839 DOI: https://doi.org/10.1016/j.eswa.2019.112839
  11. Maulidin, Syah, H., & Wibawa, E. (2021). Evaluasi Pembinaan Prestasi Tenis Lapangan. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jpjo.v5i1.3252 DOI: https://doi.org/10.31539/jpjo.v5i1.3252
  12. Mubarokah, A., Wahyuni, S., & Zulianto, M. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun@ Osingdeles). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 16(1). https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpe.v16i1.24614
  13. Muhafid, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Teknik Pukulan Atlet Bulu Tangkis. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.55081/joki.v3i1.775
  14. Muhamad, M., Sudarma, M., & Sudrajat, U. (2016). Sport marketing: memasarkan dan mengembangkan industri olahraga. Yogyakarta: Laksitas.
  15. Muhammad, H. N. (2020). Evaluasi Konteks Program Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Hockey di Jawa Timur. JOSSAE Journal of Sport Science and Education, 4(2), 47–50. https://doi.org/10.26740/jossae.v4n2.p47-50 DOI: https://doi.org/10.26740/jossae.v4n2.p47-50
  16. Muhyiddin. (2020). Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240–252. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.118 DOI: https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.118
  17. Nailufar, N., & Hartono, M. (2022). Manajemen Pembinaan Prestasi Klub Bola Voli Mitra Kencana Semarang Tahun 2021. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/inapes.v3i1.48030 DOI: https://doi.org/10.15294/inapes.v3i1.48030
  18. Pratama, A., Supriyadi, S., & Raharjo, S. (2020). Survei manajemen pembinaan prestasi cabang olahraga bulutangkis di PB Ganesha Kota Batu. Jurnal Sport Science, 10(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um057v10i1p21-31 DOI: https://doi.org/10.17977/um057v10i1p21-31
  19. Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950 DOI: https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
  20. Remora, H., & Firlando, R. (2020). Evaluasi Program Pembinaan Prestasi Bulutangkis di Klub Persatuan Bulutangkis Jaya Mandiri. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i1.1665 DOI: https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i1.1665
  21. Rumini. (2015). Manajemen Pembinaan Cabang Olahraga Atletik Di Pusat Pendidikan Dan Latihan Pelajar (Pplp) Provinsi Jawa Tengah. Journal of Physical Education Health and Sport, 2(1), 20–27. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpehs.v2i1.3938
  22. Sari, H. P., Handayani, O. W. K., & Hidayah, T. (2017). Evaluasi Program Pembinaan Atlet Pekan Olahraga Nasional Cabang Olahraga Bulu Tangkis Provinsi Sumatera Selatan. Journal of Physical Education and Sports, 6(3). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpes.v6i3.15076
  23. Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
  24. Triyasari, A., K .S, S., & Soekardi. (2016). Evaluasi Pembinaan Olahraga Senam Artistik di Klub Senam Kabupaten Pati dan Kabupaten Rembang. Journal of Physical Education and Sport, 5(1), 2–4. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpes.v5i1.13280
  25. Umanailo, M. C. B., Hamid, I., Hamiru, H., Assagaf, S. S. F., Bula, M., Nawawi, M., … Bon, A. T. (2019). Utilization of qualitative methods in research universities. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, (July), 2076–2081.
  26. Wahyudi, N. A. (2018). Peran perkembangan industri olahraga dan rekreasi dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi generasi muda. Proseding SNIKU, 1(1), 34–42.
  27. Wargama, I. M. D. S., Musliha, C., Syamsudin, S., & Pambudi, T. (2023). Strategi Pemasaran Olahraga Binaraga. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 6(1).
  28. Wijaya, A. W. E. (2021). Manajemen Pembinaan Prestasi Di Sekolah Sepak Bola. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.55081/joki.v2i1.542 DOI: https://doi.org/10.55081/joki.v2i1.542
  29. Yuliawan, F., Indardi, N., & Setyawati, H. (2022). Pengaruh Kelengkapan Sarana Prasarana Bulutangkis Dalam Motivasi Untuk Berprestasi Pada Atlet PB. Tugu Muda Semarang. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v5i2.9358 DOI: https://doi.org/10.31602/rjpo.v5i2.9358
  30. Yunida, E., Sugiharto, & Soenyoto, T. (2017). Manajemen Pembinaan Merdeka Basketball Club ( MBBC ) Pontianak Kalimantan Barat Tahun 2016. Journal of Physical Education and Sports, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpes.v6i2.17385

Downloads

Download data is not yet available.