Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Research Articles

Vol. 12 No. 1 (2024): Bravo's: Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Pengembangan Variasi Aktivitas Gerak Berbasis Sirkuit Pada Pembelajaran Lompat Jangkit Untuk Siswa SMK Negeri 7 Malang

Submitted
May 21, 2024
Published
2024-05-28

Abstract

Penelitian ini dinyatakan layak etik No.26.3.2/UN32.14.2.8/LT/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan variasi aktivitas gerak berbasis sirkuit pada pembelajaran lompat jangkit di SMK Negeri 7 Malang. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall dengan hanya sampai pada 7 langkah. Subjek penelitian terdiri dari satu guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, 48 peserta didik kelas XI SMKN 7 Malang, 4 subjek ahli (2 ahli atletik, 1 ahli pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, dan 1 ahli media). Jenis data berupa data kuantitatif melalui kuesioner dengan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Dari 4 subjek ahli mendapatkan hasil rerata 86% dari kedua ahli atletik yang bermakna layak digunakan, 85% dari ahli pembelajaran PJOK yang bermakna layak digunakan dan  91% dari ahli media yang bermakna layak digunakan. Kemudian hasil uji coba mendapatkan 82% dari uji coba produk awal yang bermakna layak digunakan dan 85% dari uji coba produk akhir yang bermakna layak digunakan. Dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan berupa variasi aktivitas gerak berbasis sirkuit pada pembelajaran lompat jangkit dan buku panduan pelaksanaan pembelajaran ini dalam kategori valid dan bermakna layak digunakan dalam membantu pelaksanaan pembelajaran materi lompat jangkit di SMK Negeri 7 Malang.

 

References

  1. Andika, I. G. A., & Asmawi, M. (2022). Triple Jump Training Model Development based Circuit Training for Beginners Athletes. 3(1), 105–112. https://doi.org/10.31599/jces.v3i1.1011%0AVol.3, DOI: https://doi.org/10.31599/jces.v3i1.1011
  2. Bahagia, Y. (2012). Pembelajaran Atletik. Pembelajaran Atletik, Departemen Pendidikan Nasional, 2–94.
  3. Beauty Citra, T. R., Nurhasan, N., & Syam Tuasikal, A. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Permainan Sirkuit Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 499–507. https://doi.org/10.58258/jime.v6i2.1499 DOI: https://doi.org/10.36312/jime.v6i2.1499
  4. Bile, R. L., Tapo, Y. B. O., & Desi, A. K. (2021). Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Berbasis Permainan Tradisional Sebagai Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. 8(April), 71–80. DOI: https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.30752
  5. Borg, Walter R. & Gall, Meredith D. 1983. Educational Research An Introduction, Fourth Edition, New York: Longman.
  6. Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Jakarta: Sinar Grafika.
  7. Gennadievna, K. G. (2021). Athletics in the System of Physical Education of Student Youth.
  8. Gennadievna, K. G. (2022). Methods of Teaching the Technique of Athletics to Students of the Faculty of Physical Culture. 7, 28–38.
  9. Harris, J. (2019). The Case for Physical Education Becoming a Core Subject in the National Curriculum. Loughborough University.
  10. Hoffmann, M. J., & Liu, J. (2022). Teaching Triple Jump to Middle and High School Aged Track Athletes. Strategies, 35(5), 35–37. https://doi.org/10.1080/08924562.2022.2100158 DOI: https://doi.org/10.1080/08924562.2022.2100158
  11. Jariono, G., Nugroho, H., Hermawan, I., Fachrezzy, F., & Maslikah, U. (2021). The Effect of Circuit Learning on Improving The Physical Fitness of Elementary School Students. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 2(1), 59–68. https://doi.org/10.51601/ijersc.v2i1.22 DOI: https://doi.org/10.51601/ijersc.v2i1.22
  12. Kresnapati, P. (2019). Pengaruh Pola Latihan Lompat Kijang Terhadap Hasil Lompat Jangkit Mahasiswa Putra Pjkr Upgris. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.15294/jscpe.v3i1.31883 DOI: https://doi.org/10.15294/jscpe.v3i1.31883
  13. Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.33365/.v1i1.622 DOI: https://doi.org/10.33365/.v1i1.622
  14. Maulana, I., Simanjuntak, V., & Yunitaningrum, W. (2016). Pengaruh Variasi Latihan Terhadap Hasil Lompat Jangkit Pada Ekstrakurikuler SMAN 7 Pontianak. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Keolahragaan, Jurusan Ilmu Keguruan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Tanjungpura.
  15. Milenković, D. (2022). Effect of 8-Week Circuit Training on the Development of Different Forms of Muscle Strength in Physical Education. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 15(4), 221–227. https://doi.org/10.7160/eriesj.2022.150403 DOI: https://doi.org/10.7160/eriesj.2022.150403
  16. Muliadi, M. (2019). Increased Triple Jump Learning Outcomes Through Used TiresAnd Cardboard Tools In Class Xii Ips 5 Students Of SMA Negeri 3 Bone. 1–12. https://doi.org/10.4108/eai.14-9-2019.2290034 DOI: https://doi.org/10.4108/eai.14-9-2019.2290034
  17. Quennerstedt, M. (2019). Physical education and the art of teaching: transformative learning and teaching in physical education and sports pedagogy. Sport, Education and Society, 24(6), 611–623. https://doi.org/10.1080/13573322.2019.1574731 DOI: https://doi.org/10.1080/13573322.2019.1574731
  18. Ramadan, G., Mulyana, N., Iskandar, D., Juniarti, Y., & Hardiyanti, W. E. (2020). Physical Education for Early Childhood: The Development of Students’ Motor in Athletics Basic Motion. 21(Icsshpe 2019), 83–86. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200214.023 DOI: https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200214.023
  19. Rusiadi. (2020). Variasi Metode Dan Media Pembelajaran. Jurnal Alwatzikhoebillah: Kajian Islam, 6(2), 10–21. DOI: https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v6i2.226
  20. Setiawan, D., & Purnomo, E. (2020). The Influence of Part and Whole Learning Methods on the Long Jump Achievement of 11th Grade Students. 736–740. https://doi.org/10.5220/0009802707360740 DOI: https://doi.org/10.5220/0009802707360740
  21. Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  22. Suryo Narbito, R. (2021). Implementasi Peningkatan Lompat Jangkit Melalui Model Latihan Single Leg Hops. Proficio, 2(01), 82–86. https://doi.org/10.36728/jpf.v2i01.1435 DOI: https://doi.org/10.36728/jpf.v2i01.1435
  23. Winarno, M. E. (1995). Belajar Motorik. In Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Download data is not yet available.