Penerapan Permainan Tradisional Bola Kasti terhadap Gerak Manipulatif Siswa Kelas IV SD
PDF (Bahasa Indonesia)

How to Cite

Penerapan Permainan Tradisional Bola Kasti terhadap Gerak Manipulatif Siswa Kelas IV SD. (2024). Bravo’s: Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 12(3), 262-272. https://doi.org/10.32682/bravos.v12i3/45

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dengan menerapkan permainan tradisonal bola kasti terhadap peningkatan keterampilan gerak manipulatif siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK pada penelitian ini terdiri dari Perencanaa (Planning), tindakan (Acting), Pengamatan (Observing) dan Refleksi (Reflecting), serta menerapkam 2 pertemuan pada setiap siklus. Penelitian ini melibatkan 22 siswa kelas V sekolah dasar (SD), terdiri dari 10 laki-laki dan 12 perempuan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dengan menerapkan permainan tradisional bola kasti dapat meningkatkan keterampilan gerak manipulatif siswa dari pra siklus yang hanya 5 siswa (32,7%) yang tuntas serta 17 siswa (77,7%) yang tidak tuntas dalam tes gerak manipulaif. Maka dari itu dengan menerapkan permainan bola kasti pada siklus I terjadi peningkatan gerak manipulatif mencapai 11 siswa (50%) mencapai kriteria cukup-baik sekali. Karena masih belum memenuhi kriteria 80% siswa tuntas, maka penerapan permainan tradisional bola kasti dilanjutkan pada siklus II. Terjadi peningkatan gerak manipulatif berjumlah 19 siswa (86,4%) masuk pada kategori cukup-baik sekali, dengan rincian kategori, kurang sekali (0%), kurang sekali (13,6%), cukup (27,3%), Baik (40,9%) dan Baik sekali (18,2%). Kesimpulan pada penelitian ini ialah dengan menerapkan permainan tradisional bola kasti dalam pembelajaran di kelas dapat meningkatkan keterampilan gerak manipulatif siswa kelas 4 sekolah dasar.

PDF (Bahasa Indonesia)

References

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Badriyah, K. (2019). Improving Motor Skills and Math Logic through the Method of Traditional Games Engklek in Early Childhood. 295(ICETeP 2018), 306–309. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.73

Chen, W., Mason, S., Hammond-Bennett, A., & Zalmout, S. (2016). Manipulative skill competency and health-related physical fitness in elementary school students. Journal of Sport and Health Science, 5(4), 491–499. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2015.03.007

Djuanda, I., & Suryani, R. L. (2021). Upaya meningkatkan keterampilan gerak lokomotor anak usia dini melalui permainan tradisional engklek. El-Moona: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 2021.

Hermawan, D. A., & Rachman, H. A. (2018). Pengaruh pendekatan latihan dan koordinasi mata tangan terhadap ketepatan shooting peserta ekstrakurikuler basket. Jurnal Keolahragaan, 6(2), 100–109. https://doi.org/10.21831/jk.v0i0.20349

Hodges, P. W., & Smeets, R. J. (2015). Interaction Between Pain, Movement, and Physical Activity: Short-term Benefits, Long-term Consequences, and Targets for Treatment. The Clinical Journal of Pain, 31(2). https://journals.lww.com/clinicalpain/fulltext/2015/02000/interaction_between_pain,_movement,_and_physical.2.aspx

Ihsan, H. (2016). Validitas Isi Alat Ukur Penelitian Konsep Dan Panduan Penilaiannya. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 266. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i2.3557

Logan, S. W., Kipling Webster, E., Getchell, N., Pfeiffer, K. A., & Robinson, L. E. (2015). Relationship Between Fundamental Motor Skill Competence and Physical Activity During Childhood and Adolescence: A Systematic Review. Kinesiology Review, 4(4), 416–426. https://doi.org/10.1123/kr.2013-0012

Nugraha, L., Mahendra, A., & Herdiyana, I. (2018). Penerapan Model Pendidikan Gerak Dalam Pengembangan Pola Gerak Dasar Manipulatif Melalui Kerangka Analisis gerak (Movement Analysis Framework). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 24. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11935

Oktadinata, A., Herman Subarjah, Komarudin, Yusuf Hidayat, & Ilham. (2023). Pengaruh Integrasi Latihan Gerak Dasar Pendidikan Jasmani terhadap Perkembangan Motorik Siswa SD diMasa Pandemi Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 506–517. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5263

Oktarifaldi, Syahputra, R., & Putri, L. P. (2019). THE EFFECT OF AGILITY , COORDINATION AND BALANCE ON THE LOCOMOTOR ABILITY OF STUDENTS AGED 7 TO 10 YEARS Keywords : Agility , Coordination , Balance , Locomotor Ability PENGARUH KELINCAHAN , KOORDINASI DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KEMAMPUAN LOKOMOTOR SISWA 1. Jurnal Menssana, 4(2), 190–200. https://www.academia.edu/download/90003236/90.pdf

Prasetio, P. A., Gunawan, A., & Laduni, E. M. (2023). Pengaruh pembelajaran senam irama terhadap peningkatan kemampuan gerak dasar manipulatif dalam mningkatkan teknik dasar permainan kasti. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(6), 1041–1046. https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.21500

Pratama, H.G. Febriandari. E.I, Santoso, D. A. (2020). Analysis of Gross Motor and Fine Motoric on Learning Outcomes of Physical Education at Public Elementary Schools. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 9(3), 203–208. https://doi.org/10.15294/active.v9i3.42215

Ramadan, G., Mulyana, N., Iskandar, D., Juniarti, Y., & Hardiyanti, W. E. (2020). Physical Education for Early Childhood: The Development of Students’ Motor in Athletics Basic Motion. 21(Icsshpe 2019), 83–86. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200214.023

Reichelt, A. F., Ash, A. M., Baugh, L. A., Johansson, R. S., & Flanagan, J. R. (2013). Adaptation of lift forces in object manipulation through action observation. Experimental Brain Research, 228(2), 221–234. https://doi.org/10.1007/s00221-013-3554-9

Rudd, J. R., Barnett, L. M., Butson, M. L., Farrow, D., Berry, J., & Polman, R. C. J. (2015). Fundamental Movement Skills Are More than Run, Throw and Catch: The Role of Stability Skills. PLOS ONE, 10(10), e0140224. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0140224

Sasmita, hartati yuli christina, & Itsna, R. (2016). Penerapan Permainan Tradisional Terrhadap Gerak Dasar Motorik Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan Pada Siswa Kelas V SDN Margomulyo 1 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(2), 435–440.

Sutapa, P., Pratama, K. W., Rosly, M. M., Ali, S. K. S., & Karakauki, M. (2021). Improving motor skills in early childhood through goal-oriented play activity. Children, 8(11), 1–11. https://doi.org/10.3390/children8110994

Syaifulloh, M. D., & Aguss, R. M. (2021). Analisis Peningkatan Gerak Dasar Dalam Permainan Kasti. Journal of Arts and Education, 1(1), 51–57. https://doi.org/10.33365/jae.v1i1.30

Tito Raka Nanda Amirunni’am, Puspodari, & Reo Prasetiyo Herpandika. (2024). Meningkatkan Keterampilan Gerak Lokomotor Melalui Permainan Kasti Pada Siswa Kelas V SDN Wonorejo 1 Kediri. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(3), 333–338. https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.450

Van Gobel, S. M. . & S. (2019). Pengaruh Bermain Bola Plastik Kecil terhadap Kemampuan Gerak Manipulatif Anak Syarifah Mutmainah Van Gobel, Pupung Puspa Ardini, Icam Sutisna. JAMBURA Early Childhood Education Journal, 1, 1–6.

Yundarwati, S., & Soemardiawan, S. (2023). Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar Dribbling Sepakbola Berbasis Gerak Manipulatif Pada Pemain Lombok United Fc. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 62–74. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4189

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Hari Pamungkas Hari (Author)

Downloads

Download data is not yet available.