Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Research Articles

Vol. 12 No. 3 (2024): Bravo's: Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Penerapan Permainan Tradisional Bola Kasti terhadap Gerak Manipulatif Siswa Kelas IV SD

Submitted
July 8, 2024
Published
2024-09-29

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dengan menerapkan permainan tradisonal bola kasti terhadap peningkatan keterampilan gerak manipulatif siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK pada penelitian ini terdiri dari Perencanaa (Planning), tindakan (Acting), Pengamatan (Observing) dan Refleksi (Reflecting), serta menerapkam 2 pertemuan pada setiap siklus. Penelitian ini melibatkan 22 siswa kelas V sekolah dasar (SD), terdiri dari 10 laki-laki dan 12 perempuan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dengan menerapkan permainan tradisional bola kasti dapat meningkatkan keterampilan gerak manipulatif siswa dari pra siklus yang hanya 5 siswa (32,7%) yang tuntas serta 17 siswa (77,7%) yang tidak tuntas dalam tes gerak manipulaif. Maka dari itu dengan menerapkan permainan bola kasti pada siklus I terjadi peningkatan gerak manipulatif mencapai 11 siswa (50%) mencapai kriteria cukup-baik sekali. Karena masih belum memenuhi kriteria 80% siswa tuntas, maka penerapan permainan tradisional bola kasti dilanjutkan pada siklus II. Terjadi peningkatan gerak manipulatif berjumlah 19 siswa (86,4%) masuk pada kategori cukup-baik sekali, dengan rincian kategori, kurang sekali (0%), kurang sekali (13,6%), cukup (27,3%), Baik (40,9%) dan Baik sekali (18,2%). Kesimpulan pada penelitian ini ialah dengan menerapkan permainan tradisional bola kasti dalam pembelajaran di kelas dapat meningkatkan keterampilan gerak manipulatif siswa kelas 4 sekolah dasar.

References

  1. Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
  2. Badriyah, K. (2019). Improving Motor Skills and Math Logic through the Method of Traditional Games Engklek in Early Childhood. 295(ICETeP 2018), 306–309. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.73 DOI: https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.73
  3. Chen, W., Mason, S., Hammond-Bennett, A., & Zalmout, S. (2016). Manipulative skill competency and health-related physical fitness in elementary school students. Journal of Sport and Health Science, 5(4), 491–499. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2015.03.007 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jshs.2015.03.007
  4. Djuanda, I., & Suryani, R. L. (2021). Upaya meningkatkan keterampilan gerak lokomotor anak usia dini melalui permainan tradisional engklek. El-Moona: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 2021.
  5. Hermawan, D. A., & Rachman, H. A. (2018). Pengaruh pendekatan latihan dan koordinasi mata tangan terhadap ketepatan shooting peserta ekstrakurikuler basket. Jurnal Keolahragaan, 6(2), 100–109. https://doi.org/10.21831/jk.v0i0.20349 DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v0i0.20349
  6. Hodges, P. W., & Smeets, R. J. (2015). Interaction Between Pain, Movement, and Physical Activity: Short-term Benefits, Long-term Consequences, and Targets for Treatment. The Clinical Journal of Pain, 31(2). https://journals.lww.com/clinicalpain/fulltext/2015/02000/interaction_between_pain,_movement,_and_physical.2.aspx DOI: https://doi.org/10.1097/AJP.0000000000000098
  7. Ihsan, H. (2016). Validitas Isi Alat Ukur Penelitian Konsep Dan Panduan Penilaiannya. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 266. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i2.3557 DOI: https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i2.3557
  8. Logan, S. W., Kipling Webster, E., Getchell, N., Pfeiffer, K. A., & Robinson, L. E. (2015). Relationship Between Fundamental Motor Skill Competence and Physical Activity During Childhood and Adolescence: A Systematic Review. Kinesiology Review, 4(4), 416–426. https://doi.org/10.1123/kr.2013-0012 DOI: https://doi.org/10.1123/kr.2013-0012
  9. Nugraha, L., Mahendra, A., & Herdiyana, I. (2018). Penerapan Model Pendidikan Gerak Dalam Pengembangan Pola Gerak Dasar Manipulatif Melalui Kerangka Analisis gerak (Movement Analysis Framework). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 24. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11935 DOI: https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11935
  10. Oktadinata, A., Herman Subarjah, Komarudin, Yusuf Hidayat, & Ilham. (2023). Pengaruh Integrasi Latihan Gerak Dasar Pendidikan Jasmani terhadap Perkembangan Motorik Siswa SD diMasa Pandemi Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 506–517. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5263 DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5263
  11. Oktarifaldi, Syahputra, R., & Putri, L. P. (2019). THE EFFECT OF AGILITY , COORDINATION AND BALANCE ON THE LOCOMOTOR ABILITY OF STUDENTS AGED 7 TO 10 YEARS Keywords : Agility , Coordination , Balance , Locomotor Ability PENGARUH KELINCAHAN , KOORDINASI DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KEMAMPUAN LOKOMOTOR SISWA 1. Jurnal Menssana, 4(2), 190–200. https://www.academia.edu/download/90003236/90.pdf DOI: https://doi.org/10.24036/jm.v4i2.117
  12. Prasetio, P. A., Gunawan, A., & Laduni, E. M. (2023). Pengaruh pembelajaran senam irama terhadap peningkatan kemampuan gerak dasar manipulatif dalam mningkatkan teknik dasar permainan kasti. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(6), 1041–1046. https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.21500 DOI: https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.21500
  13. Pratama, H.G. Febriandari. E.I, Santoso, D. A. (2020). Analysis of Gross Motor and Fine Motoric on Learning Outcomes of Physical Education at Public Elementary Schools. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 9(3), 203–208. https://doi.org/10.15294/active.v9i3.42215
  14. Ramadan, G., Mulyana, N., Iskandar, D., Juniarti, Y., & Hardiyanti, W. E. (2020). Physical Education for Early Childhood: The Development of Students’ Motor in Athletics Basic Motion. 21(Icsshpe 2019), 83–86. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200214.023 DOI: https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200214.023
  15. Reichelt, A. F., Ash, A. M., Baugh, L. A., Johansson, R. S., & Flanagan, J. R. (2013). Adaptation of lift forces in object manipulation through action observation. Experimental Brain Research, 228(2), 221–234. https://doi.org/10.1007/s00221-013-3554-9 DOI: https://doi.org/10.1007/s00221-013-3554-9
  16. Rudd, J. R., Barnett, L. M., Butson, M. L., Farrow, D., Berry, J., & Polman, R. C. J. (2015). Fundamental Movement Skills Are More than Run, Throw and Catch: The Role of Stability Skills. PLOS ONE, 10(10), e0140224. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0140224 DOI: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0140224
  17. Sasmita, hartati yuli christina, & Itsna, R. (2016). Penerapan Permainan Tradisional Terrhadap Gerak Dasar Motorik Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan Pada Siswa Kelas V SDN Margomulyo 1 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(2), 435–440.
  18. Sutapa, P., Pratama, K. W., Rosly, M. M., Ali, S. K. S., & Karakauki, M. (2021). Improving motor skills in early childhood through goal-oriented play activity. Children, 8(11), 1–11. https://doi.org/10.3390/children8110994 DOI: https://doi.org/10.3390/children8110994
  19. Syaifulloh, M. D., & Aguss, R. M. (2021). Analisis Peningkatan Gerak Dasar Dalam Permainan Kasti. Journal of Arts and Education, 1(1), 51–57. https://doi.org/10.33365/jae.v1i1.30 DOI: https://doi.org/10.33365/jae.v1i1.30
  20. Tito Raka Nanda Amirunni’am, Puspodari, & Reo Prasetiyo Herpandika. (2024). Meningkatkan Keterampilan Gerak Lokomotor Melalui Permainan Kasti Pada Siswa Kelas V SDN Wonorejo 1 Kediri. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(3), 333–338. https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.450 DOI: https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.450
  21. Van Gobel, S. M. . & S. (2019). Pengaruh Bermain Bola Plastik Kecil terhadap Kemampuan Gerak Manipulatif Anak Syarifah Mutmainah Van Gobel, Pupung Puspa Ardini, Icam Sutisna. JAMBURA Early Childhood Education Journal, 1, 1–6. DOI: https://doi.org/10.37411/jecej.v1i1.51
  22. Yundarwati, S., & Soemardiawan, S. (2023). Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar Dribbling Sepakbola Berbasis Gerak Manipulatif Pada Pemain Lombok United Fc. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 62–74. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4189 DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4189

Downloads

Download data is not yet available.