Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hasil peningkatan passing bawah bolavoli dengan metode SAVI, penelitian tindakan kelas sebagai metode penelitian, 30 siswa kelas X-A MAN 1 Jombang menjadi subjek penelitian. Pelaksanaan penelitian dengan dua siklus terdiri dari setiap siklus dengan perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes hasil belajar passing bawah bola voli dan dokumentasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh untuk data siklus I diketahui bahwa ada 18 siswa tuntas dan 12 siswa tidak tuntas, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan hasil 28 siswa tuntas dan 2 siswa tidak tuntas, Kesimpulan hasil dari siklus II 28 siswa masuk kategori tuntas dalam passing bawah bola voli, itu terbukti bahwa penggunaan metode SAVI dapat meningkatkan hasil passing bawah bola voli siswa dengan hasil peningkatan siklus I 60 %, dan siklus II 93.3%.
References
Amin, A. F. (2017). Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Gaya Mengajar Komando Dan Gaya Mengajar Resiprokal Siswa Kelas IX Di Smp Negeri 9 Yogyakarta. Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli, 1–10.
Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan instrumen pengukur higher order thinking skills matematika siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14058
Arlioni, Aminuddin, Awaluddin, & Suhardianto. (2021). Hubungan Antara Motor Educability Terhadap Kemampuan Servis Bawah Bola Voli Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Larompong. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(1), 57–65.
Baharun, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan. Jurnal Pendidikan Pedagogik, 1(1), 38.
Effendy, F., Kharisma, Y., & Ramadhan, R. (2020). Penggunaan Modifikasi Permainan Bolavoli Untuk Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(1), 1. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1333
Fajri, M. (2019). Pemanfaatan Modifikasi Media Pembelajaran Bawah Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa Kelas V MI Darul Mukminin. Genta Mulia, X(1), 65–83.
Faozi, F., Sanusi, H., & Listiandi, A. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Keterampilan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Di SMA Islam Al-Fardiyatussa’adah Citepus Palabuhanratu. Physical Activity Journal, 1(1), 51. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.2001
Fitriansyah, T. (2019). Pengaruh Latihan Passing Bawah Dengan Alat Terhadap Kemampuan Teknik Passing Bawah Klub Bola Voli Yuso Gunadarma Yogyakarta, 1–23.
Hanansyah, A, G. A. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bola Basket Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation. JUARA : Jurnal Olahraga, 4(2).
Handhin, M. L., Nasuka, N., & Hadi, H. (2018). Pengaruh back squat dan front squat training terhadap vertical jump dan lower body power index. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 3(1), 56–61.
Hardianto,Utama, M, I, A, Ismail, A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Pada Permainan Bola Voli Melalui Metode Savi Pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 13 Makassar. Indonesian Journal of Physical Activity, 3, 19–30.
Ismail, M., & Tunggul, E. (2020). Pengaruh latihan bench step terhadap kemampuan smash semi dalam permainan bola voli pada club hmbs. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 131–136.
Kencanawati, S. A. M. M., Sariyasa, S., & Hartawan, I. G. N. Y. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 13–23. https://doi.org/10.21831/pg.v15i1.33006
Kumbara, H., et, A. (2020). Modifikasi Variasi Latihan Smash: Studi Pengembangan Latihan Permainan Bola Voli. Jurnal Performa Olahraga, 5(1), 18–25.
Nurjanna, W. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Dengan Menggunakan Metode SAVI ( Somatis Auditori Visual Intelektual ) Pada Siswa Kelas XI MAN 1 Lima Puluh Tahun Ajaran 2012/2013.( Skripsi Fakultas Ilmu Keolahragaan UNIMED). https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9067.
Sharma, R. (2017). Efficacy of imagery training in improving the skill performance of volleyball players. Internasional Journal of Physiology, 2(2), 705–707.
Supriyadi. (2018). Survei Kemampuan Passing Bawah Bola Voli Siswa Kelas VII Smp Negeri 26 Makassar. Skripsi universitas negeri makasar). http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11929
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2024 Agus Budi Hartono (Author)