Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Research Articles

Vol. 12 No. 3 (2024): Bravo's: Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Pengembangan Modul Interaktif Senam Berirama Menggunakan Artificial Intellegence dengan Model Discovery Learning

Submitted
September 10, 2024
Published
2024-09-29

Abstract

Pengembangan modul ajar interaktif dikembangkan dengan menggunakan bantuan Artificial Intelegence serta menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Pengembangan modul ajar dalam penelitian ini disusun berdasarkan hasil analisa kebutuhan yang telah dilakukan di lapangan dengan harapan dapat menjadi jawaban dari permasalahan atau kendala dari pelaksanaan pembelajaran PJOK di sekolah khususnhya materi senam berirama. Penelitian ini menggunakan model Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini siswa kelas lima SDN 88/11 Sungai Mengukuang berjumlah 15. Uji kelayakan produk terdiri dari uji ahli materi, media dan desain. Selain itu juga dilakukan uji tingkat ketertarikan pengguna. Analisis data menggunakan jenis deskriptif kuantitatif. hasil uji validasi ahli media diketahui nilai persentase 98% sehingga masuk kriteria Sangat Baik. Berikutnya hasil dari uji validasi ahli materi diketahui nilai persentase 93% masuk pada kriteria Sangat Baik. Yang terakhir hasil uji validasi pada ahli desain diketahui nilai persentase 92% dengan kriteria Sangat Baik. Sedangkan hasil uji tingkat ketertarikan pengguna produk, rata-rata nilai 55,7 dengan persentase rata rata 87,1% dengan kriteria Sangat Menarik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu produ yang telah dikembangkan dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran di sekolah karena telah melalui uji validitas ahli dan uji tingkat ketertarikan pengguna

References

  1. Abdulloh, B. H., Miranda, E. A., Sayekti, A. C., Priambodo, A., & Astutik, H. Y. (2024). PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM AKTIVITAS SENAM BERIRAMA PADA SISWA KELAS V SDN LONTAR 481 SURABAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2). http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
  2. Aldalur, I., & Perez, A. (2023). Gamification and discovery learning: Motivating and involving students in the learning process. Cellpress, 9(1). https://www.cell.com/action/showPdf?pii=S2405-8440%2823%2900342-0 DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e13135
  3. Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6). https://www.aijcrnet.com/journals/Vol_5_No_6_December_2015/10.pdf
  4. Asmawati, L. (2022). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170
  5. Aulia, P. I., & Rudyatmi, E. (2023). Development of E-Module Materials on Plants Structure and Tissue Function Based on Discovery Learning for High School Students. Journalof Biology Education, 12(1). https://doi.org/10.15294/jbe.v12i1.61519 DOI: https://doi.org/10.15294/jbe.v12i1.61519
  6. George Graham, Shirley Ann Holt/Hale, Melissa Parker, Tina Hall, & Kevin Patton. (2021). Buku Panduan Guru: Anak Aktif Bergerak—Pendekatan Reflektif untuk Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas V. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  7. Harianja, W., & Anwar, M. (2021). Perancangan Modul Pembelajaran Berbasis HOTS dengan Mini Project Design pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2). https://doi.org/10.29210/30031172000 DOI: https://doi.org/10.29210/30031172000
  8. Hidayat, F. (2021). ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION AND EVALUATION) MODEL IN ISLAMIC EDUCATION LEARNING. JIPAI; Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1). https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fjournal.uinsgd.ac.id%2Findex.php%2Fjipai%2Farticle%2Fdownload%2F11042%2Fpdf&psig=AOvVaw0HSTY_bcLDkM783l9hTLOg&ust=1707773259419000&source=images&cd=vfe&opi=89978449&ved=0CAgQrpoMahcKEwiI_ue_n6SEAxUAAAAAHQAAAAAQBA
  9. Kholmurzaev, A. A., Polotov, K. K., & Islomjon Xakimjon o’g’li Toxirov. (2020). METHODS OF USING MEDIA EDUCATION IN THE LEARNING PROCESS. International Scientific Journal Theoretical & Applied Science, 85(5). https://www.researchgate.net/profile/Abdirasul-Holmurzaev/publication/342161640_METHODS_OF_USING_MEDIA_EDUCATION_IN_THE_LEARNING_PROCESS/links/64914958c41fb852dd19b8b5/METHODS-OF-USING-MEDIA-EDUCATION-IN-THE-LEARNING-PROCESS.pdf DOI: https://doi.org/10.15863/TAS.2020.05.85.42
  10. Lengkana, A. S. & N. Siti Nuraeni Sofa. (2017). Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 01–12. https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.67 DOI: https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.67
  11. Mashud, & Nur Ihwanto. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Aktivitas Gerak Berirama Siswa Kelas V Melalui Google Meet Disertai Video Pembelajaran Saat Pandemi Covid-19. Jendela Olahraga, 7(1). http://dx.doi.org/10.26877/jo.v6i1.6225 DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v7i1.8604
  12. Mubarok, Y. (2024). Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan Untuk Kelas 11 TKJ Di SMK Negeri 2 Malang Dengan Model 4-D. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(1). https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13701/6087
  13. Muhajir, & Tri Agus Prasetijo. (2022). Buku Panduan Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SDMI Kelas V. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
  14. Muhajir, & Zelda Raushanfikri. (2022). Buku Panduan Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD/MI. Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Kompleks Kemdikbudristek. https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/PJOK-BG-KLS-I.pdf
  15. Najuah, Pristi Suhendro Lukitoyo, & Winna Wirianti. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Yayasan Kita Menulis. http://digilib.unimed.ac.id/49006/1/Book.pdf
  16. Riduwan, & Akdon. (2020). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Alfabeta.
  17. Saputri, S. N., Drajati, N. A., & Sukmawati, F. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Multimodal untuk Mendukung Pembelajaran PJOK pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (JIIP), 7(2). https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3343 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3343
  18. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). CV Alfabeta.
  19. Ulya, F. I., Sumarno, & Arfilia Wijayanti. (2021). Pengembangan Media Video Berbasis Discovery Learning untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1). http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.42565
  20. Wulandari, S. P., Herawati, E., & Arum, A. P. (2024). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran Senam Yoga Pada Mata Kuliah Senam Kecantikan. Jurnal Adijaya Multidisplin, 2(3). https://e-journal.naureendigition.com/index.php/jam/article/view/1447
  21. Yuniarni, D., Renny Puspita Sari, & Ahmad Atiq. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://www.researchgate.net/publication/338333489_Pengembangan_Multimedia_Interaktif_Video_Senam_Animasi_Berbasis_Budaya_Khas_Kalimantan_Barat DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331

Downloads

Download data is not yet available.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.